Perancangan ulang kemasan Susu Kedelai Bu Kati dengan metode Quality Function Deployment dan Geneva Emotion Wheel

Penulis

  • Verena Asri Chriswandari Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Hadisantono Universitas Atma Jaya Yogyakarta https://orcid.org/0000-0002-8932-9034
  • Theodorus B. Hanandoko Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Parama Kartika Dewa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jtimr.v3i1.11041

Kata Kunci:

susu kedelai, QFD, GEW, desain kemasan produk

Abstrak

Susu Kedelai Bu Kati adalah sebuah UMKM yang berdiri sejak 2015. UMKM ini mengalami penurunan penjualan karena kemasan yang kurang menarik, mudah bocor, dan ketahanan produk yang hanya satu hari di suhu ruang. Penelitian ini merancang ulang kemasan susu kedelai sehingga dapat memperpanjang daya tahan produk. Perancangan dilakukan dengan menggabungkan metode Quality Function Deployment (QFD) dan metode Geneva Emotion Wheel (GEW). Dari hasil perancangan dihasilkan tiga desain dengan ukuran botol 250 ml, 300 ml, dan 350 ml. Desain dengan ukuran botol 250 ml dipilih karena dianggap paling sesuai oleh konsumen. Penilaian terhadap desain terpilih menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai kemasan dari 5,22 (untuk kemasan lama) menjadi 9,32 (untuk kemasan baru). Hasil evaluasi emosi menggunakan metode GEW menunjukkan peningkatan rata-rata nilai emosi positif dari 1,44 menjadi 6,99, serta penurunan emosi negatif dari 3,98 menjadi 1,82. Percobaan sederhana terhadap kemasan baru menunjukkan peningkatan daya tahan produk Susu Kedelai Bu Kati dari 1 hari (untuk kemasan lama) menjadi 2 hari (untuk kemasan baru).

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2025

Cara Mengutip

Chriswandari, V. A., Hadisantono, Hanandoko, T. B., & Dewa, P. K. (2025). Perancangan ulang kemasan Susu Kedelai Bu Kati dengan metode Quality Function Deployment dan Geneva Emotion Wheel. Jurnal Teknik Industri Dan Manajemen Rekayasa, 3(1), 41–53. https://doi.org/10.24002/jtimr.v3i1.11041

Terbitan

Bagian

Articles