Perancangan ulang kemasan Susu Kedelai Bu Kati dengan metode Quality Function Deployment dan Geneva Emotion Wheel
DOI:
https://doi.org/10.24002/jtimr.v3i1.11041Kata Kunci:
susu kedelai, QFD, GEW, desain kemasan produkAbstrak
Susu Kedelai Bu Kati adalah sebuah UMKM yang berdiri sejak 2015. UMKM ini mengalami penurunan penjualan karena kemasan yang kurang menarik, mudah bocor, dan ketahanan produk yang hanya satu hari di suhu ruang. Penelitian ini merancang ulang kemasan susu kedelai sehingga dapat memperpanjang daya tahan produk. Perancangan dilakukan dengan menggabungkan metode Quality Function Deployment (QFD) dan metode Geneva Emotion Wheel (GEW). Dari hasil perancangan dihasilkan tiga desain dengan ukuran botol 250 ml, 300 ml, dan 350 ml. Desain dengan ukuran botol 250 ml dipilih karena dianggap paling sesuai oleh konsumen. Penilaian terhadap desain terpilih menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai kemasan dari 5,22 (untuk kemasan lama) menjadi 9,32 (untuk kemasan baru). Hasil evaluasi emosi menggunakan metode GEW menunjukkan peningkatan rata-rata nilai emosi positif dari 1,44 menjadi 6,99, serta penurunan emosi negatif dari 3,98 menjadi 1,82. Percobaan sederhana terhadap kemasan baru menunjukkan peningkatan daya tahan produk Susu Kedelai Bu Kati dari 1 hari (untuk kemasan lama) menjadi 2 hari (untuk kemasan baru).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Verena Asri Chriswandari, Hadisantono, Theodorus B. Hanandoko, Parama Kartika Dewa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.