Perancangan visual display katalog produk dengan pendekatan ergonomi

Penulis

  • Gisella Biaz Advendina Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Chandra Dewi Kurnianingtyas Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jtimr.v1i1.7102

Kata Kunci:

Visual Display, Katalog, Ergonomi

Abstrak

Sistem informasi diperlukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan, misalnya katalog produk sebagai alat untuk mempromosikan produk dan menarik minat calon pembeli. Meskipun katalog produk merupakan alat pemasaran yang umum digunakan, namun masih banyak katalog yang tidak mempertimbangkan aspek ergonomi yang penting bagi pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan display visual katalog yang mudah digunakan dan efisien bagi pengguna, sehingga pengguna dapat dengan cepat dan mudah mendapatkan informasi tentang produk yang dibutuhkan. Langkah awal dalam penelitian ini adalah mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk kemudian dilakukan perancangan dengan metode kreatif. Selanjutnya, hasil rancangan katalog produk dievaluasi berdasarkan aspek ergonomi dengan menganalisis ukuran huruf, komposisi warna, beserta efek psikisnya. Analisis ukuran huruf menunjukkan bahwa ukuran huruf aktual melebihi ukuran huruf rekomendasi, maka dapat diketahui bahwa ukuran huruf pada display website katalog produk sudah ideal dan sesuai dengan rekomendasi. Hasil analisis warna pada tampilan website juga memberikan legibility yang bagus dan memberikan efek bersih dan menenangkan. Dari analisis visual display katalog produk dengan pendekatan ergonomi ini disimpulkan bahwa ukuran huruf, ketinggian display, jarak pandang mata, dan komposisi warna pada website katalog produk sudah ideal.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2023

Cara Mengutip

Advendina, G. B., & Kurnianingtyas, C. D. (2023). Perancangan visual display katalog produk dengan pendekatan ergonomi. Jurnal Teknik Industri Dan Manajemen Rekayasa, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.24002/jtimr.v1i1.7102

Terbitan

Bagian

Articles