Strategi promosi di UMKM Stronger Manufacture
DOI:
https://doi.org/10.24002/jtimr.v1i2.8103Kata Kunci:
matriks BCG, product life cycle, strategi promosi, bauran pemasaranAbstrak
UMKM Stronger Manufacture merupakan usaha yang memproduksi kaos, jaket, korsa, sweater, jersey, dan lain-lain. Permasalahan utama yang terjadi adalah penurunan penjualan selama dua belas bulan terakhir sebesar 18%. Untuk menghadapi masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan potensi pembelian melalui respon konsumen di media sosial. Dari hasil penjualan dilakukan perhitungan menggunakan analisis matriks BCG (Boston Consulting Group) yang menghasilkan perusahaan berada di kuadran question mark dengan akar masalahnya yaitu informasi yang tidak cukup kepada konsumen. Selanjutnya dengan menggunakan analisis PLC (product life cycle) didapatkan siklus hidup produk pada tahap pengenalan dengan masalah yang diutamakan untuk diselesaikan adalah promosi. Selain itu, berdasarkan penggalian masalah dan diskusi dengan stakeholder, diperoleh alternatif solusi yaitu memperbaiki faktor bauran pemasaran (produk, promosi, harga, tempat). Dari berbagai analisis dan diskusi dengan stakeholder, solusi yang terpilih adalah memperbaiki promosi. Solusi promosi dilakukan dengan merancang strategi promosi menggunakan media sosial dan kalender konten. Implementasi dilakukan selama satu minggu pada instagram UMKM Stronger Manufacture. Hasil implementasi menunjukkan kenaikan engagement instagram sebesar 2,34% untuk post dan 2.300% untuk reels..
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Hadisantono, Tessar Fabiansyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.