Optimasi waktu tunggu dengan simulasi sistem antrian pada gerai F&B
DOI:
https://doi.org/10.24002/jtimr.v2i2.9854Kata Kunci:
waktu tunggu, simulasi, ProModel, ANOVAAbstrak
Gerai F&B yang berlokasi di Sumarecon Mall Serpong, memiliki permasalahan waktu menunggu pelanggan yang lama. Berdasarkan root cause analysis ditemukan penyebabnya adalah faktor manusia yaitu gerakan yang tidak efisien dan mesin yang masih manual. Penelitian ini menganalisis sistem antrian gerai F&B dan memberikan usulan perbaikan berdasarkan root cause analysis menggunakan software simulasi ProModel. Metodologi penelitian dimulai dengan pembuatan model simulasi berdasarkan data aktual seperti data waktu antar kedatangan, data waktu proses, dan data waktu selesai pelayanan. Terhadap data waktu akan dilakukan pengujian statistik hingga didapatkan pola waktu distribusi untuk dimasukkan ke model awal simulasi, kemudian dilakukan verifikasi dan validasi. Model awal akan dibandingkan dengan 3 usulan perbaikan yaitu usulan perbaikan metode kerja, usulan pergantian mesin, dan usulan kombinasi kedua hal tersebut, dengan metode ANOVA menggunakan variabel pembanding waktu tunggu. Hasilnya didapatkan bahwa usulan ke-3 mampu memberikan penghematan waktu tunggu pelanggan dalam mengambil pesanan sebesar 40%. Hal ini dikarenakan proses pembuatan pesanan yang jauh lebih cepat karena adanya usulan dari segi ergonomi dan penggantian alat.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Andre Sugioko, Trifenaus Hidayat, Cynthia Chabella, Frisca Wenlicia, Gede Khrisna Cahya Gulo, Gregorius Hardianto, Morris Jeremiah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.