Perancangan strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan Kios Polos
DOI:
https://doi.org/10.24002/jtimr.v2i2.9941Kata Kunci:
slow fashion, pakaian, SOSTAC, engagementAbstrak
Kios Polos merupakan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta yang bergerak di bidang slow fashion. Pakaian yang ditawarkan berfokus pada desain model pakaian unisex. Target pelanggan yang dituju terbagi menjadi dua kategori yaitu kelompok dewasa dan remaja. Sejak awal berdirinya yaitu bulan Mei 2023 hingga April 2024, pemilik menyimpulkan bahwa penjualan produk di Kios Polos didominasi dari kelompok pelanggan dewasa. Keadaan bisnis pun mengalami pendapatan yang stagnan di sekitar Rp 4.000.000,00 per minggu. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini merancang strategi pemasaran yang baru. Beberapa langkah solusi yang dipilih meliputi kolaborasi dengan pihak eksternal, penggunaan anggaran secara efisien, perencanaan strategi promosi yang efektif, bundling produk, meningkatkan pelayanan, dan ulasan pelanggan. Proses menjalankan solusi tersebut menggunakan metode Situational Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, Control (SOSTAC). Penelitian yang dilakukan ini berhasil meningkatkan engagement di media sosial Tiktok, serta meningkatkan pendapatan pada bulan Juni 2024 sebesar 12,11% per minggu jika dibandingkan dengan rata-rata pendapatan per minggu pada bulan Februari 2024 hingga April 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Monica Valentina Evangeli, Hadisantono, Theodorus B. Hanandoko, Parama Kartika Dewa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.