Strategi peningkatan jumlah penyewaan di Audiovisual.id dengan metode SWOT dan Marketing Mix 7P
DOI:
https://doi.org/10.24002/jtimr.v3i1.9942Kata Kunci:
penyewaan alat, kontrak kerja sama, SWOT, Marketing Mix 7PAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor sumber daya manusia (usia, lama bekerja, dan absensi) terhadap kualitas produk di PT XYZ dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Data yang digunakan mencakup informasi dari database karyawan dan jumlah produk cacat dalam proses pengemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa absensi memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas produk dengan nilai koefisien -3,51264 dan p-value = 0,0236 (p < 0,05). Namun, usia (p-value = 0,6234) dan lama bekerja (p-value = 0,7503) tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kualitas produk. Nilai R-squared sebesar 9,58% dan Adjusted R-squared sebesar 5,40% menunjukkan bahwa meskipun faktor-faktor yang diuji memberikan beberapa wawasan, masih terdapat faktor lain yang lebih dominan dalam memengaruhi kualitas produk. Penelitian ini bersifat kontekstual di PT XYZ dan tidak dapat digeneralisasi ke industri lain. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengelolaan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas pengemasan, mengurangi cacat produk, serta memperkaya pengembangan human resource analytics di industri farmasi, sekaligus membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut terkait pengambilan keputusan berbasis data.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jemima Davini Yoseph, Hadisantono, Theodorus B. Hanandoko, Parama Kartika Dewa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.