Perancangan strategi pemasaran di UMKM Bakpia Pathok Bu Susi

Penulis

  • Louisa Adella Regita Putri Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Hadisantono Universitas Atma Jaya Yogyakarta https://orcid.org/0000-0002-8932-9034
  • Theodorus B. Hanandoko Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Parama Kartika Dewa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jtimr.v2i2.9943

Kata Kunci:

bakpia pathok, marketing mix, SWOT, strategi pemasaran, promosi

Abstrak

UMKM Bakpia Pathok Bu Susi merupakan salah satu produsen bakpia pathok di Yogyakarta yang dalam sehari mampu memproduksi 3000 sampai 3500 butir bakpia. Pada masa pandemi COVID-19, terjadi penurunan jumlah penjualan yang belum dapat diselesaikan sampai saat ini. Permasalahan utama yang akan diselesaikan pada penelitian ini adalah terjadinya penurunan jumlah penjualan produk sejak pandemi COVID-19 sehingga target penjualan tidak tercapai, yaitu sebesar 20 boks per hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan produk sebesar 15% per hari melalui beberapa usulan perbaikan dan strategi pemasaran tepat yang terpilih. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi dari metode Marketing Mix 7P dan metode SWOT. Berdasarkan hasil analisis dan penentuan solusi, maka solusi yang terpilih adalah melakukan promosi melalui media sosial Instagram dan memanfaatkan media sosial WhatsApp sebagai sarana pemesanan online. Implementasi solusi dilakukan selama durasi 30 hari dengan membuat konten promosi yang memperhatikan ciri khas dan keunikan produk. Hasil implementasi solusi menunjukkan adanya peningkatan jumlah penjualan produk sebesar 22% per hari.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2024

Cara Mengutip

Putri, L. A. R., Hadisantono, Hanandoko, T. B., & Dewa, P. K. (2024). Perancangan strategi pemasaran di UMKM Bakpia Pathok Bu Susi. Jurnal Teknik Industri Dan Manajemen Rekayasa, 2(2), 124–136. https://doi.org/10.24002/jtimr.v2i2.9943

Terbitan

Bagian

Articles