Perancangan strategi pemasaran di UMKM Bakpia Pathok Bu Susi
DOI:
https://doi.org/10.24002/jtimr.v2i2.9943Kata Kunci:
bakpia pathok, marketing mix, SWOT, strategi pemasaran, promosiAbstrak
UMKM Bakpia Pathok Bu Susi merupakan salah satu produsen bakpia pathok di Yogyakarta yang dalam sehari mampu memproduksi 3000 sampai 3500 butir bakpia. Pada masa pandemi COVID-19, terjadi penurunan jumlah penjualan yang belum dapat diselesaikan sampai saat ini. Permasalahan utama yang akan diselesaikan pada penelitian ini adalah terjadinya penurunan jumlah penjualan produk sejak pandemi COVID-19 sehingga target penjualan tidak tercapai, yaitu sebesar 20 boks per hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan produk sebesar 15% per hari melalui beberapa usulan perbaikan dan strategi pemasaran tepat yang terpilih. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi dari metode Marketing Mix 7P dan metode SWOT. Berdasarkan hasil analisis dan penentuan solusi, maka solusi yang terpilih adalah melakukan promosi melalui media sosial Instagram dan memanfaatkan media sosial WhatsApp sebagai sarana pemesanan online. Implementasi solusi dilakukan selama durasi 30 hari dengan membuat konten promosi yang memperhatikan ciri khas dan keunikan produk. Hasil implementasi solusi menunjukkan adanya peningkatan jumlah penjualan produk sebesar 22% per hari.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Louisa Adella Regita Putri, Hadisantono, Theodorus B. Hanandoko, Parama Kartika Dewa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.