Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Social Engagement pada Koin Design Yogyakarta

Authors

  • I Angelica
  • A R Gunawan
  • S N Hayati
  • A G Yulianto
  • A K Sunu
  • Muhammad Arifin Gunawan Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • G L Pritalia

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v1i1.7343

Keywords:

desain, media sosial, promosi, Social engagement

Abstract

Dalam beberapa kurun waktu belakangan ini,  perkembangan teknologi berkembang dengan sangat cepat, terlebih untuk media sosial. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan sampai saat ini adalah Instagram dan sebagian besar digunakan sebagai media promosi dari banyak pemilik usaha bisnis, baik dari perusahaan besar maupun kecil. Salah satu usaha yang menggunakan Instagram adalah Koin Design Yogyakarta. Namun, bisnis Koin Design Yogyakarta ini masih belum optimal dalam pengelolaan media sosialnya, baik dari segi desain dan konsistensi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan SDM pada bagian desain dan editing untuk keperluan media sosial yang masih kurang. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pelatihan dalam penggunaan media sosial untuk promosi dan penyediaan awal foto katalog, desain dan editing untuk media sosial Koin Design Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan sebanyak dua sesi yaitu sesi pertama untuk pelatihan pengaplikasian dan sesi dua untuk pendampingan. Dari  pelaksanaan pelatihan pada Koin Design Yogyakarta mempublikasikan tiga unggahan pada feeds Instagram.  Hasil data Insights Instagram Koin Design Yogyakarta terlihat ada kenaikan setelah diadakan pelatihan dari akun yang dicapai dan akun yang aktif dalam berinteraksi.

References

F.A. Nurohman, "Fenomena Influencer Instagram Dalam Membangun Konten Promosi Di Kota Bandung", FISIP UNPAS, 2020, in press.

A.T. Haryanto, "Jumlah Pengguna Internet RI Tembus 212,9 Juta di Awal 2023", Detik.com, Feb. 22, 2023. Retrieved from https://inet.detik.com/telecommunication/d-6582738/jumlah-pengguna-internet-ri-tembus-2129-juta-di-awal-2023#:~:text=Jumlah%20pengguna%20internet%20Indonesia%20di,3%25%20pria%20pada%20Januari%202023

J. Zote, "Instagram statistics you need to know for 2023", Sprout Social, Mar. 6, 2023, p. (accessed Mar. 30, 2023).

S. Rohadian, M.T. Amir, "Upaya membangun customer engagement melalui media sosial Instagram", Journal of Entrepreneurship, Management and Industry, vol. 2, no. 4, pp. 179-186, 2019.

K. Nurhakim, M. Satar, "Prosedur Pelaksanaan Kegiatan Ekspor barang", “Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan”, vol. 5, no. 2, 2015.

S. Priambada, Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM) Swasta Priambada, SESINDO 2015.

A.S. Pramudita, T. Hilman, A.A. Annisawati, "Pengembangan Social Engagement Melalui Media Situs Jejaring Untuk Our Dream Indonesia: Pengembangan Social Engagement Melalui Media Situs Jejaring Untuk Our Dream Indonesia,” Competitive 14 (1), pp. 41-44, 2019

Achmad, Z. A. Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul Kabupaten Gresik. 10, 19. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31 (2020)

N. Khoja, “16 Visual Content Marketing Statistics to Know for 2022 [Infographic].” https://venngage.com/blog/visual-content-marketing-statistics/, Sep 26, 2022 (accessed Mar. 30, 2023).

D.T. Kumoro, U. Hasanah, V.Y.P. Ardhana, “Pelatihan Desain Grafis Bagi Santri Pondok Pesantren Pabelan,” Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 1, Juni 2021, pp. 13.

A commissioned study conducted by Forrester Consulting on behalf of Adobe, May 2014.

Y. T. Kurnianto, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Pemasaran Minimuman di Banjarbaru,” Ilmu Komun., p. 8, 2020.

D. Sari Endah Nursyamsi, N. Siregar, and N. Nurahlina, “Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram,” Univ. Persada Indones. Y.A.I), vol. 2022, no. 2, p. 140, 2022.

M. Veranita, R. Susilowati, and R. Yusuf, “Pemanfaatan Platform Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Akun @kolakcampurkolaku),” J. Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 17, no. 3, pp. 279–290, 2021, doi: 10.31940/jbk.v17i3.279-290.

P. Tullie, “Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce,” J. Manaj. Komun., vol. 5, no. 2, p. 259, 2021, doi: 10.24198/jmk.v5i2.32746.

S. Hutomo, Y. I. Suryanto, and N. Kurniawati, “Pembentukan Kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul,” Patria, vol. 2, no. 1, p. 1, 2020.

Andy Januar Wicaksono, Suyoto, and Pranowo, “A proposed method for predicting US presidential election by analyzing sentiment in social media,” in 2016 2nd International Conference on Science in Information Technology (ICSITech), 2016, pp. 276–280.

H. K. Sumartiningtyas, “Ilmuwan Temukan Kesamaan Persahabatan Gorila dan Manusia dalam Bersosialisasi,” Kompas.com, 03-Aug-2020.

Downloads

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles