Penerapan Teknologi Augmented Reality dalam Pencegahan Perundungan Siber

Authors

  • Andreas Sulivan Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Aloysius Felix Santoso Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Silver Aprilyan Limus Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Roberto Jessons Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Generosa Lukhayu Pritalia Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Abstract

Bullying adalah perilaku agresif yang disengaja dan berulang, yang bertujuan menyakiti individu dengan kekuasaan lebih rendah. Cyberbullying, bentuk bullying melalui teknologi, semakin marak dan berdampak negatif pada kesehatan psikologis korban. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kesadaran siswa SMAN 1 Depok tentang bahaya cyberbullying melalui metode campuran. Kuesioner terbuka dan tertutup digunakan untuk mengumpulkan data sebelum dan sesudah sosialisasi. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap cyberbullying setelah sosialisasi, ditunjukkan melalui hasil post-test yang lebih baik dibandingkan pre-test. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendidikan dan sosialisasi efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa mengenai cyberbullying, sehingga dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan suportif. 

References

K K H Darmayanti, F Kurniawati, D D B Situmorang, “Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya”, Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, vol.17, pp. 55-66, 2019.

D P R Adawiyah, M Munir, “Fenomena Cyberbullying di Media Sosial (Respon Pengguna Media Sosial pada Artis K-Pop Sully dan Go Hara)”, vol.17, pp. 55-66, 2019.

L H Putri, S I Savira, “Dampak Psikologis Pada Remaja Yang Mengalami Cyberbullying”, Character : Jurnal Penelitian Psikologi, vol.10, pp. 309-323, 2023.

Nazhifah, “Meningkatkan Pemahaman Bahaya Cyber bullying untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama pada SMP Insan Utama 2 Pekanbaru”, Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol.02, pp. 203-208, 2023.

Rifauddin, M, “Fenomena cyberbullying pada remaja”, Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, vol. 4(1), pp. 35-44, 2016.

Rusyidi B, “Memahami Cyberbullying di Kalangan Remaja”, Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, vol. 2(2), 2020.

Alza, R. N. A, “Skala Persepsi Terhadap Cyberbullying dan Perilaku Cyberbullying”, 2020.

Utami, A. S. F., & Nur, B, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying pada Kalangan Remaja”, Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, vol. 18(2), 2018.

Rastati, R, “Bentuk Perundungan Siber di Media Sosial Dan Pencegahannya Bagi Korban dan Pelaku2”,Jurnal Sosioteknologi,Vol 15(2), 2016.

Pandie, M. M, “Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar”, Jurnal Jaffray, vol. 14(1), 2016

Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita, M., & Suhendrik, S. Dampak Media Sosial dalam Cyber Bullying. Jurnal Binus, 6(1), 2015

Anshori, F. A., Syarif, H., Aresti, S. D., Risan, V., Selvi, Y. Fenomena Cyber Bullying Dalam Kehidupan Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hendrayadi, Kustati,M. Sepriyanti,N. ,Mixed Method Research, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Vol 6(4), 2023

Marsinun, R., & Dody, R. “Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial”. Jurnal Magister Psikologi UMA, vol. 12(2), 2020

Kumala, A. P. B. DAMPAK CYBERBULLYING PADA REMAJA. Jurnal UIN, 1(1), 2020

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles