Peningkatan Daya Saing Lembaga Pendidikan Kemaritiman di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan Penerapan CRM

Oktavianus Teguh Prayitno

Abstract


Program tol laut dan poros maritim dunia yang didengungkan pemerintah Indonesia mampu membangkitkan kembali semangat lembaga-lembaga pendidikan kemaritiman. Kebangkitan itu terjadi di tingkat SMK maupun perguruan tinggi. Lembaga-lembaga tersebut bersaing secara ketat di segala bidang termasuk profesionalitas. Persaingan dalam masalah profesionalitas terjadi karena saat ini konteks lembaga sudah bersifat modern. Kondisi ini terlihat dari perlakuan pelanggan/customer bukan sebagai objek tetapi menjadi bagian dari lembaga tersebut. Salah satu konsep populer yang ditawarkan dunia teknologi informasi melalui metode Customer Relationship Management (CRM) yaitu optimalisasi penggunaan sosial media dalam peningkatan hubungan dan keterlibatan pelanggan (customer engagement). Paper ini akan membahas penerapan CRM dalam sebuah lembaga pendidikan kemaritiman.


Keywords


CRM (Customer Relationship Management), AMN Cilacap, poros maritim, tol lautCustomer Relationship Management; CRM; poros maritim; tol laut; keterlibatan pelanggan

Full Text:

PDF

References


N. W. Deriani, “Analisa Perancangan Model Customer Relationship Management Pada STMIK STIKOM Bali,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 8, no. 2, pp. 73–85, 2016.

R. A. Setiawan and D. B. Setyohadi, “Understanding customers ’ intention to use social network sites as complaint channel : an analysis of young customers ’ perspectives,” in The 2nd International Conference on Energy, Environmental and Information System (ICENIS 2017), 2018.

R. Winantyo, S. Arifin, R. A. Djaafara, and A. S. Budiman, Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015; Memperkuat Sinergi ASEAN di Tengah Kompetisi Global. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2008.

D. Wuryandani, “Peluang dan Tantangan SDM Indonesia Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN,” Info Singk. Ekon. dan Kebijak. Publik, vol. 6, no. 17, pp. 13–16, 2014.

T. Coltman, T. M. Devinney, and D. F. Midgley, “Customer relationship management and firm performance,” J. Inf. Technol., 2011.

M. Reimann, O. Schilke, and J. S. Thomas, “Customer relationship management and firm performance: The mediating role of business strategy,” J. Acad. Mark. Sci., 2010.

J. Boby Setiawan Putra and D. D. Rahayu, “Pengaruh Experiential Marketing Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Aryaduta Di Pekanbaru,” J. Online Mhs. Fak. Ekon. Univ. Riau, vol. 4, no. 1, pp. 45–59, 2017.

A. Scherer, N. V. Wünderlich, and F. von Wangenheim, “The Value of Self-Service: Long-Term Effects of Technology-Based Self-Service Usage on Customer Retention,” MIS Q., 2015.

M. R. Noruzi, “Human Resource Management and Customer Relationship Management (HRM & CRM),” Soc. Sci. Res. Netw., 2007.

S. Loeb, S. Dynarski, D. McFarland, P. Morris, S. Reardon, and S. Reber, “Descriptive Analysis in Education: A Guide for Researchers,” (NCEE 2017-4023). U.S Dep. Educ. Inst. Educ. Sci. Natl. Cent. Educ. Eval. Reg. Assist., 2017.

I. P. Artaya and I. G. Arimbawa, “Penerapan Metode Korelasi dalam Mengukur Hubungan antara Customer Relationship dengan Customer Loyality Pada PT Antika Raya Surabaya,” BISMA (Bisnis dan Manajemen), vol. 1, no. 1, pp. 50–63, 2018.

D. T. Absari, “Analisis dan Desain Sistem Mananejemen Hubungan Pelanggan dengan menerapkan Konsep Recency Frequency Spending menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Studi Kasus pada Perusahaan Keramik X Pasuruan),” 5th Appl. Bus. Eng. Conf., 2017.

G. A. Wyner, “Customer relationship measurement,” Mark. Res., vol. 11, no. 2, pp. 39–41, 1999.




DOI: https://doi.org/10.24002/ijis.v1i1.1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Information System

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.