Metode Antagonistik Langsung untuk Skrining Bakteri Laut Penghasil Senyawa Anti-methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA)

Authors

  • Alim Isnansetyo
  • Yuto Kamei

DOI:

https://doi.org/10.24002/biota.v10i3.2873

Keywords:

Antagonistik, Senyawa Anti-MRSA, Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA)

Abstract

Metode yang berbasis antagonistik langsung antara bakteri laut dan Staphylococcus aureus resistan metisilin (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus, MRSA) berhasil digunakan untuk skrining bakteri laut penghasil senyawa anti-MRSA. Metode ini menggunakan medium agar lapis ganda untuk mendukung pertumbuhan bakteri laut dan MRSA. Beberapa bakteri laut penghasil senyawa anti-MRSA berhasil diisolasi dengan metode ini. Suatu bakteri laut, strain O-BC30 merupakan bakteri yang paling kuat menghambat pertumbuhan MRSA. Isolat-isolat bakteri yang didapat menunjukkan aktivitas yang stabil terhadap MRSA dan aktivitas ini juga konsisten dengan aktivitas ekstrak yang diperoleh dari sel bakteri yang dikultur pada medium agar. Metode ini sangat berguna dan efisien untuk skrining bukan hanya bakteri penghasil senyawa anti-MRSA tetapi juga bakteri penghasil antibiotik.

Downloads

Published

06-11-2019

How to Cite

Isnansetyo, A., & Kamei, Y. (2019). Metode Antagonistik Langsung untuk Skrining Bakteri Laut Penghasil Senyawa Anti-methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Biota : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati, 10(3), 141–145. https://doi.org/10.24002/biota.v10i3.2873