<i>Netizen</i> dan <i>Infotainment</i>: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram @lambe_turah

Authors

  • Nunung Prajarto Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1367

Keywords:

Infotainment, Instagram, Social Media

Abstract

Popularitas penggunaan media sosial di masyarakat telah mengubah lanskap industri media secara signifikan. Media sosial memungkinkan penggunanya menjadi produsen konten di berbagai topik, termasuk informasi hiburan (infotainment). Infotainment yang mulanya lebih dikenal dalam bentuk siaran program televisi atau tertulis di majalah/tabloid hiburan bertransformasi dalam bentuk baru di media sosial, sebagaimana tergambar dalam akun Instagram @lambe_turah. Dengan menggunakan metode etnografi virtual sebagai pendekatannya, kajian ini bertujuan untuk memahami aktivitas serta sentimen pesan yang disampaikan netizen terhadap konten yang diunggah akun @lambe_turah. Selain itu, kajian ini juga bertujuan untuk melihat peran netizen dalam proses transmisi informasi tersebut.

Author Biography

Nunung Prajarto, Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada

Downloads

Published

2018-06-02

How to Cite

Prajarto, N. (2018). <i>Netizen</i> dan <i>Infotainment</i>: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram @lambe_turah. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 33–46. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1367

Issue

Section

Research-based Article