Komunikasi Pembelajaran Berbasis Online Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Bagi Para Ibu Rumah Tangga (Depth Interview di Sekolah Inggris Online)

Authors

  • Diah Sri Rejeki Universitas Widyatama
  • Pawit M Yusup Universitas Padjadjaran
  • Encang Saepudin Universitas Padjadjaran
  • Dwi Nurina Pitasari Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.24002/jik.v18i2.1453

Keywords:

keterampilan berbahasa Inggris, komunikasi pembelajaran, pembelajaran berbasis online, teori belajar konstruktivis, constructivist learning theory, English skill, learning communication, online based learning

Abstract

Ibu rumah tangga berkontribusi besar pada perkembangan anak. Perlindungan daridampak buruk globalisasi mendorong ibu belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuanmengetahui model komunikasi terkait pembelajaran Bahasa Inggris online. Sumber data penelitianini adalah ibu rumah tangga, mentor, penanggung jawab grup, dan referensi berbasiskan teoriconstructivist learning theories. Hasilnya, model komunikasi ini dapat meningkatkan keterampilanberbahasa inggris ibu rumah tangga dalam memahami grammar dasar, mendengarkan lagu,membaca cerita, menonton film dan talk show; melakukan percakapan, mengoperasikan handphonedan komputer; dan meningkatkan skor TOEFL. Kesimpulannya, Sekolah Inggris membantu Iburumah tangga meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris.

References

Act No. 20 of 2003 in article 13 paragraph 1 of the national education system

Bourelle, T. (2014). Technical Communication Quarterly. 2014, Vol. 23 Issue 4, p247-264. 18p. 1 Chart. From Perpusnas database.

Havard, B. et.al. (2008). Journal of Interactive Learning Research. 2008, Vol. 19 Issue 1, p37-50. 14p. 1 Chart. From Perpusnas database.

M Rogers, E. (1986). Communication Technology. US: Macmillan, Inc

Mccmilan, J. H & Schumacher, S. (2003). Research in Education: A Conceptual Introduction (5th ed). New York: Longman.

Slavin, E.R. (2008). Coopeative Learning: Theory, Research and Practice. Translate by Nurulita. Bandung; Nusa Media

Suparda, D. (2007). Introduction to the Social Sciences: A Study of the structural Approach. Bandung: The University of education in Indonesia

Taylor, L. (1993). Vygotskian Influence in Mathematics Education With Particular Reference to Attitude Development. Focus on Learning Problems Mathematics. Spring and Summer Edition. Volume 15 No 2 & 3. Center of Teachingand Learning Mathematics.

V Tesone, D. (2004). Online Learning Communication Flows. Journal of Teaching in Travel & Tourism Volume 4, 2004 - Issue 1. From Perpusnas database.

Waluyo, B. Sekolah Inggris. Retrieved from https://sdsafadg.com/sekolah-inggris/

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Rejeki, D. S., Yusup, P. M., Saepudin, E., & Pitasari, D. N. (2021). Komunikasi Pembelajaran Berbasis Online Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Bagi Para Ibu Rumah Tangga (Depth Interview di Sekolah Inggris Online). Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 18(2), 277–292. https://doi.org/10.24002/jik.v18i2.1453

Issue

Section

Research-based Article