Spasialisasi Sony Music Entertainment Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24002/jik.v17i1.1539Keywords:
ekonomi politik media, industri rekaman, musik, spasialisasiAbstract
Perubahan dalam proses produksi dilakukan agar sejalan dengan pendekatan ekonomi politik dan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik ekonomi politik, khususnya spasialisasi di Sony Music Entertainment Indonesia. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi, studi pustaka, dan media. Hasilnya menunjukkan bahwa Sony Music Entertainment Indonesia melakukan praktik spasialisasi yang didukung oleh digitalisasi, sehingga hal tersebut mempermudah integrasi perusahaan secara horizontal dan vertikal agar produk musiknya mendominasi pasar Indonesia.
References
A. Muis. (2001). Indonesia di Era Dunia Maya: Teknologi Informasi dalam Dunia Tanpa Batas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Devereux, Eoin. (2003). Understanding The Media. London:Sage Pubilieations
Dina Dellyana, dkk. (2015). Rencana Pengembangan Industri Musik Nasional 2015-2019. Jakarta : PT. Republik Solusi
Khadavi, Jadid. (2014). Dekonstruksi Musik Pop Indonesia Dalam Perspektif Industri Budaya, Malang : Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang
Marx, Karl. (2009). Membongkar Akar Krisisglobal. Yogyakarta: Resist Book.
Mosco, Vincent. (2009). Political Economy Of Communication Second Edition.London: Sage Publication.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal ILMU KOMUNIKASI is an academic journal. As such, it is dedicated to the open exchange of information. For this reason, JIK is freely available to individuals and institutions. Authors who publish in Jurnal ILMU KOMUNIKASI will release their articles under the Creative Commons Attribution (BY) License. This license allows anyone to copy and redistribute the article in any medium or format as well as remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially as long as they credit the authors for the original creation. For details of the rights authors grants users of their work, see the "human-readable summary" of the license, with a link to the full license. (Note that "you" refers to a user, not an author, in the summary)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











