Spasialisasi Sony Music Entertainment Indonesia
Abstract
Perubahan dalam proses produksi dilakukan agar sejalan dengan pendekatan ekonomi politik dan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik ekonomi politik, khususnya spasialisasi di Sony Music Entertainment Indonesia. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi, studi pustaka, dan media. Hasilnya menunjukkan bahwa Sony Music Entertainment Indonesia melakukan praktik spasialisasi yang didukung oleh digitalisasi, sehingga hal tersebut mempermudah integrasi perusahaan secara horizontal dan vertikal agar produk musiknya mendominasi pasar Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Muis. (2001). Indonesia di Era Dunia Maya: Teknologi Informasi dalam Dunia Tanpa Batas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Devereux, Eoin. (2003). Understanding The Media. London:Sage Pubilieations
Dina Dellyana, dkk. (2015). Rencana Pengembangan Industri Musik Nasional 2015-2019. Jakarta : PT. Republik Solusi
Khadavi, Jadid. (2014). Dekonstruksi Musik Pop Indonesia Dalam Perspektif Industri Budaya, Malang : Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang
Marx, Karl. (2009). Membongkar Akar Krisisglobal. Yogyakarta: Resist Book.
Mosco, Vincent. (2009). Political Economy Of Communication Second Edition.London: Sage Publication.
DOI: https://doi.org/10.24002/jik.v17i1.1539
Refbacks
- There are currently no refbacks.