Spasialisasi Sony Music Entertainment Indonesia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24002/jik.v17i1.1539

Keywords:

ekonomi politik media, industri rekaman, musik, spasialisasi

Abstract

Perubahan dalam proses produksi dilakukan agar sejalan dengan pendekatan ekonomi politik dan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik ekonomi politik, khususnya spasialisasi di Sony Music Entertainment Indonesia. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi, studi pustaka, dan media. Hasilnya menunjukkan bahwa Sony Music Entertainment Indonesia melakukan praktik spasialisasi yang didukung oleh digitalisasi, sehingga hal tersebut mempermudah integrasi perusahaan secara horizontal dan vertikal agar produk musiknya mendominasi pasar Indonesia.

Author Biography

Ahmad Khairul Nuzuli, Universitas Diponegoro

Mahasiswa Universitas Diponegoro

References

A. Muis. (2001). Indonesia di Era Dunia Maya: Teknologi Informasi dalam Dunia Tanpa Batas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Devereux, Eoin. (2003). Understanding The Media. London:Sage Pubilieations

Dina Dellyana, dkk. (2015). Rencana Pengembangan Industri Musik Nasional 2015-2019. Jakarta : PT. Republik Solusi

Khadavi, Jadid. (2014). Dekonstruksi Musik Pop Indonesia Dalam Perspektif Industri Budaya, Malang : Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang

Marx, Karl. (2009). Membongkar Akar Krisisglobal. Yogyakarta: Resist Book.

Mosco, Vincent. (2009). Political Economy Of Communication Second Edition.London: Sage Publication.

Downloads

Published

2020-06-09

How to Cite

Nuzuli, A. K. (2020). Spasialisasi Sony Music Entertainment Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 17(1), 123–138. https://doi.org/10.24002/jik.v17i1.1539

Issue

Section

Research-based Article