Wacana Komunikasi Lingkungan dalam Iklan Properti Meikarta

Authors

  • Christina Arsi Lestari Mercu Buana University

DOI:

https://doi.org/10.24002/jik.v17i1.1631

Keywords:

analisis wacana, iklan, komunikasi lingkungan, meikarta

Abstract

Studi ini membahas wacana komunikasi lingkungan dalam iklan Meikarta dengan menggunakan konsep komunikasi lingkungan yang berfokus pada kajian terhadap iklan. Metode yang dipakai adalah analisis wacana kritis. Hasilnya menunjukkan bahwa iklan Meikarta masih dalam tahap agenda setting. Iklan tersebut mampu memersuasi khalayak dengan gambaran fakta-fakta lingkungan Jakarta yang kumuh, serta memiliki beragam polusi dan kriminalitas. Tinjauan terhadap fungsi komunikasi lingkungan menggolongkan iklan Meikarta dalam fungsi teknis yang memberikan informasi dampak kerusakan lingkungan alam dan sosial Jakarta.

Author Biography

Christina Arsi Lestari, Mercu Buana University

Fakultas ilmu komunikasi, bidang broadcasting

Downloads

Published

2020-06-09

How to Cite

Lestari, C. A. (2020). Wacana Komunikasi Lingkungan dalam Iklan Properti Meikarta. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 17(1), 91–106. https://doi.org/10.24002/jik.v17i1.1631

Issue

Section

Research-based Article