Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keinginan Mahasiswa dalam Menggunakan Media Sosial

Authors

  • Julianti Cendrawan
  • Clara R. P. Ajisuksmo

DOI:

https://doi.org/10.24002/jik.v17i2.1793

Keywords:

informasi, media sosial, motivasi, perilaku hedonik

Abstract

Penggunaan media sosial memberikan kemudahan pada individu dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini berdampak pada peningkatan jumlah pengguna media sosial di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keinginan individu dalam menggunakan media sosial. Penelitian dilakukan di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dengan responden penelitian sebanyak 137 mahasiswa strata satu (S1). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perilaku pencarian informasi, perilaku hedonik, dan rasa kekomunitasan terhadap keinginan individu untuk menggunakan media sosial.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Cendrawan, J., & R. P. Ajisuksmo, C. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keinginan Mahasiswa dalam Menggunakan Media Sosial. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 17(2), 203–216. https://doi.org/10.24002/jik.v17i2.1793

Issue

Section

Research-based Article