Pola Konsumsi Berita pada Kelompok Khalayak Digital di Kota Bandar Lampung

Authors

  • Wulan Suciska Universitas Lampung
  • Eka Yuda Gunawibawa

DOI:

https://doi.org/10.24002/jik.v17i2.2484

Keywords:

khalayak aktif, media massa, pola konsumsi berita, terpaan media

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi berita di Bandar Lampung sekaligus melihat jenis media massa serta berita yang dipercaya dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Indikator penelitian berupa akses dan terpaan media serta motif keaktifan khalayak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para digital natives dan digital immigrants memiliki ketertarikan dan pola konsumsi tinggi terhadap berita karena kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi digital dan internet. Hal ini berbeda dengan digital settlers yang tingkat ketertarikan dan pola konsumsi beritanya rendah.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Suciska, W., & Gunawibawa, E. Y. (2020). Pola Konsumsi Berita pada Kelompok Khalayak Digital di Kota Bandar Lampung. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 17(2), 249–266. https://doi.org/10.24002/jik.v17i2.2484

Issue

Section

Research-based Article