Pengaruh Promosi Buku Penerbit Mediakita di Instagram terhadap Proses Keputusan Pembelian Generasi Z

Widuri Dwi Astuti, Retor Aquinaldo Wirabuanaputera Kaligis

Abstract


Penelitian ini mengkaji pemanfaatan teknologi digital, yakni Instagram, sebagai sarana promosi buku. Lewat Instagram, Penerbit Mediakita menyasar menyasar Generasi Z yang memiliki ciri figital, yakni menjadikan dunia virtual sebagai bagian realitas mereka. Kuesioner disebarkan melalui Instastory @mediakita dan dijawab oleh 1.547 followers. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Instagram berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Namun, diperlukan strategi dan konten promosi yang lebih menarik dan interaktif.


Keywords


bauran promosi, media sosial, Instagram, proses keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Abugaza, A. (2013). Social Media Politica, Jakarta: Tali.

Amir, M.T. (2017). Merancang Kuesioner: Konsep dan Panduan Untuk Penelitian Sikap, Kepribadian & Perilaku. Jakarta: Kencana.

Bharucha, J. (2018, December). Social Media and Young Consumers Behavior. International Journal of Supply Chain Management, 7(6): 72-81

Central Connecticut State University. (2016). “World's Most Literate Nations”, diakses dari https://www.ccsu.edu/wmln/rank.html

Dainton, M. & Zelley, E.D. (2019). Applying Communication Theory for Professional Life: A Practical Introduction (Fourth Edition). USA: Sage Publications, Inc.

DH, Agung. (2017, April). “Masyarakat Masih Memilih Buku Fisik daripada e-Book”, diakses dari https://tirto.id/masyarakat-masih-memilih-buku-fisik-daripada-e-book-cnsn

Ibrahim, I.S. & Iriantara, Yosal. (2017). Komunikasi yang Mengubah Dunia: Revolusi dari Aksara Hingga Media Sosial. Bandung: Sembiosa Rekatama Media.

IKAPI. (2015). Industri Penerbitan Buku Indonesia dalam Data dan Fakta. Jakarta: Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Jalilvand, M.R., Esfahani, S.S., & Samiei, N. (2011). Electronic Word of Mouth: Challenge and Opportunity. Procedia Computer Science, 3: 42-46.

Kemp, S. & Moey, S. (2019). “Digital 2019 Spotlight: Ecommerce In Indonesia”, diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2019-ecommerce-in-indonesia

Kotler, P., Amstrong, G., Saunders, J., & Wong, V. (1999). Principles of Marketing (Second European Edition). Italia: Prentice Hall Europe.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Marketing Management (14th edition). New Jersey: Pearson Education Limited

Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Neuman, W.L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th edition). USA: Pearson Education Limited

Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Prisgunanto, I. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Prisani Cendekia.

Shimp, T.A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (Edisi 8). Jakarta: Salemba Empat

Standage, T. (2013). Writing on the Wall: Social Media the First 2,000 Years. New York: Bloomsbury

Stillman, D. & Stillman, J. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Van Dijck, J. (2013). The Culture of Connectivity: A Critical History of Social Media. UK: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.24002/jik.v18i1.2955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.