Pengaruh Promosi Buku Penerbit Mediakita di Instagram terhadap Proses Keputusan Pembelian Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.24002/jik.v18i1.2955Keywords:
bauran promosi, media sosial, Instagram, proses keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini mengkaji pemanfaatan teknologi digital, yakni Instagram, sebagai sarana promosi buku. Lewat Instagram, Penerbit Mediakita menyasar menyasar Generasi Z yang memiliki ciri figital, yakni menjadikan dunia virtual sebagai bagian realitas mereka. Kuesioner disebarkan melalui Instastory @mediakita dan dijawab oleh 1.547 followers. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Instagram berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Namun, diperlukan strategi dan konten promosi yang lebih menarik dan interaktif.
References
Abugaza, A. (2013). Social Media Politica, Jakarta: Tali.
Amir, M.T. (2017). Merancang Kuesioner: Konsep dan Panduan Untuk Penelitian Sikap, Kepribadian & Perilaku. Jakarta: Kencana.
Bharucha, J. (2018, December). Social Media and Young Consumers Behavior. International Journal of Supply Chain Management, 7(6): 72-81
Central Connecticut State University. (2016). “World's Most Literate Nations”, diakses dari https://www.ccsu.edu/wmln/rank.html
Dainton, M. & Zelley, E.D. (2019). Applying Communication Theory for Professional Life: A Practical Introduction (Fourth Edition). USA: Sage Publications, Inc.
DH, Agung. (2017, April). “Masyarakat Masih Memilih Buku Fisik daripada e-Book”, diakses dari https://tirto.id/masyarakat-masih-memilih-buku-fisik-daripada-e-book-cnsn
Ibrahim, I.S. & Iriantara, Yosal. (2017). Komunikasi yang Mengubah Dunia: Revolusi dari Aksara Hingga Media Sosial. Bandung: Sembiosa Rekatama Media.
IKAPI. (2015). Industri Penerbitan Buku Indonesia dalam Data dan Fakta. Jakarta: Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Jalilvand, M.R., Esfahani, S.S., & Samiei, N. (2011). Electronic Word of Mouth: Challenge and Opportunity. Procedia Computer Science, 3: 42-46.
Kemp, S. & Moey, S. (2019). “Digital 2019 Spotlight: Ecommerce In Indonesia”, diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2019-ecommerce-in-indonesia
Kotler, P., Amstrong, G., Saunders, J., & Wong, V. (1999). Principles of Marketing (Second European Edition). Italia: Prentice Hall Europe.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Marketing Management (14th edition). New Jersey: Pearson Education Limited
Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Neuman, W.L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th edition). USA: Pearson Education Limited
Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.
Prisgunanto, I. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Prisani Cendekia.
Shimp, T.A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (Edisi 8). Jakarta: Salemba Empat
Standage, T. (2013). Writing on the Wall: Social Media the First 2,000 Years. New York: Bloomsbury
Stillman, D. & Stillman, J. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Van Dijck, J. (2013). The Culture of Connectivity: A Critical History of Social Media. UK: Oxford University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal ILMU KOMUNIKASI is an academic journal. As such, it is dedicated to the open exchange of information. For this reason, JIK is freely available to individuals and institutions. Authors who publish in Jurnal ILMU KOMUNIKASI will release their articles under the Creative Commons Attribution (BY) License. This license allows anyone to copy and redistribute the article in any medium or format as well as remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially as long as they credit the authors for the original creation. For details of the rights authors grants users of their work, see the "human-readable summary" of the license, with a link to the full license. (Note that "you" refers to a user, not an author, in the summary)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











