Media Digital dalam Komunikasi Pemasaran Pariwisata: Efektivitas Sistem Informasi Kanal Pemesanan Daring

Authors

  • Y. A. Nunung Prajarto Universitas Gadjah Mada
  • Mashita Phitaloka Fandia Purwaningtyas Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.24002/jik.v18i1.2956

Keywords:

digital marketing strategy, digital media, information system, tourism communication

Abstract

Penggunaan kanal pemesanan daring sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran banyak diimplementasikan oleh pegiat bisnis perhotelan. Namun demikian, sejauh
ini belum ada model evaluasi yang dikembangkan untuk menelaah efektivitas penggunaan kanal pemesanan daring. Penelitian ini berupaya mengembangkan model evaluasi yang berangkat dari
model ICTRT dengan target untuk menemukan model evaluasi yang sesuai dengan perspektif kajian komunikasi tanpa meninggalkan konteks sosiokultural  masyarakat Indonesia. Metode yang
dipakai adalah studi kasus, sehingga mengakomodir kebutuhan peneliti dalam melakukan evaluasi terhadap praktik komunikasi pemasaran pariwisata digital melalui kanal pemesanan daring secara
komprehensif.

Author Biographies

Y. A. Nunung Prajarto, Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada

Mashita Phitaloka Fandia Purwaningtyas, Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada

Downloads

Published

2021-06-14

How to Cite

Prajarto, Y. A. N., & Purwaningtyas, M. P. F. (2021). Media Digital dalam Komunikasi Pemasaran Pariwisata: Efektivitas Sistem Informasi Kanal Pemesanan Daring. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 18(1), 1–18. https://doi.org/10.24002/jik.v18i1.2956

Issue

Section

Research-based Article