PERSEPSI AUDIEN PADA SOCIAL MEDIA INFLUENCER BERDASARKAN PERSPEKTIF COMMUNIBIOLOGY

Authors

  • Dewanto Putra Fajar Universitas Brawijaya
  • Azizun Kurnia Illahi
  • M. Irawan Saputra

DOI:

https://doi.org/10.24002/jik.v18i2.3060

Keywords:

Social Media Influencer, Persepsi Audien, Media Sosial, Communibiology

Abstract

Social media influencer bertujuan mendorong masyarakat untuk mengubah perilakumereka melalui penanaman pesan-pesan tertentu, sebagaimana dilakukan oleh akun Instagram@gita_vbpr. Akun tersebut berusaha memersuasi khalayak media sosial untuk memperhatikanbentuk tubuh ideal, kesehatan, dan kepercayaan diri. Kondisi tersebut memunculkan pertanyaanutama tentang bagaimana mekanisme pembentukan persepsi dalam otak khalayak terkait informasiyang diterima dari akun tersebut. Metode analisis isi dan kajian literatur digunakan untukmenggungkapkan mekanisme dalam otak ketika individu memersepsikan pesan yang disampaikanoleh social media influencer dan menunjukkan kaitan antara proses fisiologis dalam otak manusiadengan perilaku sosial terkait informasi dari social media influencer.

Author Biography

Dewanto Putra Fajar, Universitas Brawijaya

Jurusan Ilmu Komunikasi, Assistant Professor

References

Asworth, P. (2000). Psychology and ‘Human Nature’. Philadelphia: Psychology Press.

Bears, M. F. Connor, B. W. Paradiso, M. A. (2016). Neuroscience Exploring The Brain. Fourth edition. Philadelphia: Wolters Kluwers.

Beatty, M. J. (2009). Communibiology. dalam Stephen W. Littlejohn dan Karen A. Foss (editor) Encyclopedia of Communication Theory. 117-119. Los Angeles: Sage.

Beer, J. S. Bhanji, J. P. (2011). The Neural Basis of Emotional Decision-Making. dalam Alexander Todorovo, Susan T. Fiske, Deborah A. Prentice (editor) Social Neuroscience, Toward Understanding The Underpinings of The Social Mind. 160-172. New York: Oxford University Press.

Carlson, N (2013). Fisiologi Perilaku. edisi kesebelas. jilid 1. Damaring Tyas Wulandari (terj). Jakarta: Erlangga.

Fiske, S. T. Taylor, S. E. (2007). Social Cognition, From Brains to Culture. New York: McGraw Hill.

Fox, S. E. (1996). The Function of Limbic System. dalam R. Greger dan U. Windhorst (editor) Comprehensive Human Physiology, from Cellular Mechanism to Integration. 355-377. Berlin: Springer.

Grimm, J. (2008). Physical Effect of Media Content. dalam Wolfgang Donsbach (editor) The International Encyclopedia of Communication. 3609-3612. Malden: Blackwell Publishing.

Scheufele, B. (2009). Content Analysis, Qualitative. dalam Wolfgang Donsbach (editor) The International Encyclopedia of Communication. 967-972. Malden: Blackwell Publishing.

Sherwood, L. (2009). Fisiologi Manusia. edisi keenam. Brahm U. Pendit (terj). Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Thompson, R. F. Logan, C. G. (1996). Memory and Learning. dalam R. Greger dan U. Windhorst (editor) Comprehensive Human Physiology, from Cellular Mechanism to Integration. 1161-1182. Berlin: Springer.

Tortora, G. J. Derrickson, B. (2011). Principles of Anatomy & Physiology. (13th edition). vol 1. New Jersey: John Wiley & Sons.

Weimann, G. (2008). Opinion Leader. dalam Wolfgang Donsbach (editor) The International Encyclopedia of Communication. 3391-3395. Malden: Blackwell Publishing.

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Fajar, D. P., Illahi, A. K., & Saputra, M. I. (2021). PERSEPSI AUDIEN PADA SOCIAL MEDIA INFLUENCER BERDASARKAN PERSPEKTIF COMMUNIBIOLOGY. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 18(2), 163–182. https://doi.org/10.24002/jik.v18i2.3060

Issue

Section

Research-based Article