Implementasi Panduan Pemberitaan Ramah Anak di Tribunnews.com

Sri Mustika, Rita Pranawati

Abstract


Media memiliki peran untuk melindungi anak melalui pemberitaan ramah anak. Pemberitaan harus sesuai dengan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). Penelitian ini mengidentifikasi implementasi PPRA pada 14 berita kekerasan anak di Tribunnews.com sejak 15 Januari 2020 hingga 15 Februari 2020. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas media. Peneliti menemukan bahwa sebagian besar pemberitaan sesuai dengan PPRA. Hampir semua identitas anak tidak tampak, meskipun masih ada pelanggaran, seperti penyebutan identitas orang tua korban yang merupakan ayahnya dan penyebutan nama sekolah.


Keywords


berita, kekerasan terhadap anak, perlindungan anak, PPRA

Full Text:

PDF

References


Andini, Thatit Manon dkk. Identifikasi Kejadian Kekerasan pada Anak di Kota Malang. Jurnal Perempuan dan Anak Vol. 2 No 1. Februari 2019. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/JPA/article/view/5636

Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana. Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana.

Eriyanto. 2002. Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa. Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-Berita Politik. Jakarta:Granit.

Iskandar, Maskun dan Atmakusumah (ed.). 2014. Panduan Jurnalistik Praktis: Mendalami Penulisan Berita dan Feature. Memahami Etika dan Hukum Pers.

Jakarta:LPDS dan Djarum Foundation Bakti pada Negeri.

Kode Etik Jurnalistik dalam RH, Priyambodo dan Indria Prawtitasari (penyusun). 2014. Buku Saku Wartawan. Jakarta LPDS dan Norwegian Embassy.

Kriyantono, Rahmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta:Kencana.

Kyuna, Hirumi. 2019. Analisis Berita Kekerasan Seksual pada Anak dalam SKH Kompas Periode Januari-Februari 2018. Yogya: Universitas Pembangunan Nasional. Skripsi tidak diterbitkan. URL: http://eprint.upnyk.ac.id/id/eprint/20028.

McQuail, Dennis. 2005. Mass Communication Theory. 5th edition. London: Sage Publications.

Mustika, Sri dan Rita Pranawati. 2018. Analisis Wacana Kritis Berita Kekerasan oleh Anak di Media Daring. Laporan hasil penelitian tidak dipublikasikan, Lemlit UHAMKA.

Nurudin. 2009. Jurnalisme Masa Kini. Jakarta: Rajawali Pers.

Praditama, Sandhi, Nurhadi, dan Atik Catur Budiarti. Kekerasan terhadap Anak dalam Keluarga Perspektif Fakta Sosial. Jurnal FKIP Universitas Negeri Surakarta. 2016.

Rakhmawati, Yuniar Fariza. 2015. Jurnalisme Advokatif: Solusi Pemberitaan Anak Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Komunikasi Islam Vol 7 No. 1, 2015

Siregar, Anggi Azhari, 2015. Media dan Kekerasan terhadap Anak (Analisis Isi Berita Kekerasan terhadap Anak dalam Harian Medan Pos). Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3 No 2 Tahun 2016.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dalam www.kpai.go.id

Undang-Undang Republik Indonesia No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dalam www.kpai.go.id




DOI: https://doi.org/10.24002/jik.v18i1.3339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.