Interelasi Manajemen Emosi Komunikasi dan Prinsip Kepatutan Sebagai Jembatan Jurang Komunikasi

Authors

  • Rosmawaty H. Pandjaitan

DOI:

https://doi.org/10.24002/jik.v12i2.473

Abstract

Emosi yang kurang dikendalikan dapat menjadi jurang bagi komunikasi manusia. Bukan hanya itu, jurang komunikasi tersebut dapat ditularkan, dari bersifat personal menjadi kelompok, kedaerahan bahkan organisasi. Apabila ada saluran media massa yang memfasilitasi proses penularan tersebut, dalam waktu singkat jurang komunikasi akan semakin lebar dan sering bermuara pada persoalan hukum. Artikel ini bertujuan untuk: 1)  merekonstruksi pemahaman tentang interelasi manajemen emosi komunikasi dan prinsip kepatutan sebagai jembatan jurang komunikasi, 2) mengungkap dan mendeskripsikan berbagai wujud nyata jurang komunikasi, dengan menggunakan perspektif interaksi simbolik Herbert Blumer. Model dan Teori Komunikasi Whirlpool digunakan untuk mempermudah penjelasan dan rekonstruksi pemahaman.

Downloads

Published

2015-12-03

How to Cite

H. Pandjaitan, R. (2015). Interelasi Manajemen Emosi Komunikasi dan Prinsip Kepatutan Sebagai Jembatan Jurang Komunikasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 12(2). https://doi.org/10.24002/jik.v12i2.473

Issue

Section

Research-based Article