Pengaruh E-WOM, Citra Merek, E-Commerce, dan Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Totok Wahyu Abadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Elviena Fitriana Hawa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.24002/jik.v21i1.6406

Keywords:

beauty vlogger, brand image, e-commerce, e-WOM, purchase decision

Abstract

Social media can currently be used to promote products with beauty vloggers as skincare brand ambassadors. This study aims to analyze and explain the effect of e-WOM, brand image, e-commerce, and beauty vloggers on consumer purchasing decisions for Scarlett Whitening products. This research method uses explanative quantitative. Simple random sampling was applied to collect data from 210 Scarlett Whitening user respondents in East Java through an online questionnaire. The results showed that the e-WOM, brand image, e-commerce, and beauty vlogger variables simultaneously had a significant effect on consumer purchasing decisions for Scarlett Whitening products.

References

Abadi, T. W., & Sukmana, H. (2022). Buku ajar statistika deskriptif untuk riset komunikasi. Sidoarjo, Indonesia: UMSIDA Press.

Agustina, L., Fayardi, A. O, & Irwansyah. (2018). Online review: Indikator penilaian kredibilitas online dalam platform e-commerce. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 141–154.

Ahdiany, D. F. (2021). Pengaruh e-WOM dan kesadaran merek terhadap minat beli konsumen dengan citra merek sebagai variabel mediasi. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 3(1), 31–41.

Amil, R. (2021). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian: Studi kasus produk skincare MS Glow. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia.

Anagari, A. M. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee: Studi kasus pada mahasiswa STIE Malangkucecwara. Skripsi. STIE Malangkucecwara, Malang, Indonesia.

Anjani, S., & Irwansyah. (2020). Peranan influencer dalam mengkomunikasikan pesan di media sosial Instagram. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203 - 229.

Ardyanto, D, & Riyadi, H. S. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan e-commerce terhadap keputusan pembelian online: Survei pada konsumen www.petersaysdenim.com. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1), 1-8.

Arsyalan, G. A., & Ariyanti, M. (2019). Pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian masyrakat Bandung di Shopee. e-Proceeding of Management, 6(3), 5566-5583.

Astuti, R S. (2022, Januari 14). Pacu ekonomi kreatif, industri dan UMKM Sidoarjo didorong lindungi kekayaan intelektual. Kompas.id. <https://www.kompas.id/baca/nusantara/2022/01/14/pacu-ekonomi-kreatif-industri -dan-umkm-sidoarjo-didorong-lindungi-kekayaan-intelektual>.

Asy’arie, A. A. A. (2022, Desember). Strategi islamic marketing bussines berbasis media sosial dalam peningkatan produk UMKM. Prosiding International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS) 2021, 1(7), 1-11, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama RI, Jakarta, Indonesia.

Aynie, R. Q., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pemasaran electronic word of mouth pada e-commerce dalam menghadapi era digital 4.0 di Indonesia. INOVASI: Jurnal Ekonomi Keuangan dan Manajemen, 17(1), 136–143.

Carissa, T. & Aruman, A. E. (2019). Pengaruh sales promotion dan influencer marketing terhadap minat membeli dalam Mobile Legends. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 45-55.

Delpiero, A., & Istriani, E. (2023). Pengaruh electronic word of mouth, brand image, dan servicescape terhadap minat berkunjung di Taman Sari Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia 6(2), 233–245.

Duyen, T. N. M. (2016). Beauty bloggers’ influence on Vietnamese young consumers. Thesis. Saimma University of Applied Science, Lappeenranta, Finland.

Emsa, P. N. H. (2019). Pengaruh beauty vlogger Tasya Farasya di YouTube terhadap keputusan pembelian kosmetik Maybelline: Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Evelina, L. W., & Handayani, F. (2018). Penggunaan digital influencer dalam promosi produk: Studi kasus akun Instagram @bylizzieparra. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), 1(1), 71–82.

Gostavianus, M. W. (2019). Peningkatan penjualan melalui strategi promosi di media sosial dan market place. Skripsi. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Bandar Lampung, Indonesia.

Gujarati, D. N. (2004). Basic econometrics (4th ed). Singapore, Singapore: McGraw-Hill Inc.

Hair, J. F., Howard, M. C., & Nitzl, C. (2020). Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis. Journal of Business Research, 109, 101-110.

Instagram @scarlett whitening. (2022). Instagram.com. <<https://www.instagram.com/reel/ChR3TDaF0EM/?igsh=MWlkOHNuanZmdW01NQ==>

Jacobson, J., Gruzd, A., & Hernández-García, Á. (2020). Social media marketing: Who is watching the watchers? Journal of Retailing and Consumer Services, 53, 1-12.

Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning, 30(4), 460-476.

Joan, V. (2022). Produk kecantikan tembus transaksi 210 miliar, brand lokal terfavorit. Compas.co.id. <https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/>

Kawilarang, C. G., Tumbuan, W. J. F. A., & Loindong, S. S. R. (2022). Analisis pengaruh celebrity endorsement, beauty vlogger dan brand image terhadap keputusan pembelian pada produk skincare lokal Somethinc. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 770–779.

Kentzo, Claudia, G. A., Siaputra, H., & Iskandar, V. (2020). Analisa pengaruh e-WOM terhadap minat beli konsumen setelah kejadian food poisoning di restoran X Surabaya dengan citra merek sebagai mediator. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 8(1), 1–14.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. London, UK: Pearson Education.

Kudeshia, C., & Kumar, A. (2017). Social eWOM: Does it affect the brand attitude and purchase intention of brands? Management Research Review, 40(3), 310–330.

Kusumasondjaja, S., & Tjiptono, F. (2019). Endorsement and visual complexity in food advertising on Instagram. Internet Research, 29(4), 659-687.

Lutfiah, M. (2022). Pengaruh review beauty vlogger Tasya Farasya di Youtube terhadap keputusan pembelian Produk kecantikan merek Wardah dalam perspektif ekonomi islam: Studi pada mahasiswi FEBI angkatan 2018-2019 UIN Raden Intan Lampung. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Indonesia.

Pelengkahu, R. M., Tumbuan, W. J. F. A., Roring, F. (2023). Pengaruh promosi, phisical evidence, harga pemasaran digital terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee di Kota Manado. Jurnal EMBA, 11(1), 786–797.

Primaputra, R. Z, & Sudaryanto, B. (2023). Analisis pengaruh citra merek, promosi, kepercayaan konsumen, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Shopee Food: Kasus pada pengguna layanan Shopee Food yang berdomisili di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 12(1), 1–15.

Rasyid, R. A., & Karya, D. F. (2021). Peran consumtive lifestyle, beauty vlogger, brand image, brand trust terhadap keputusan pembelian kosmetik Korea (Innisfree) di Surabaya. Media Mahardhika, 19(2), 269–282.

Rejbiani, A. G, Hakim, L., & Azijah, D. N. (2021). Implementasi program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera (P2WKSS) di Desa Sukadaya Kabupaten Bekasi. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(1), 15-24.

Rita, & Trimulyani, F. M. (2022). Pengaruh customer experience dan brand image terhadap customer satisfaction serta dampaknya pada customer loyalty. Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 359–369.

Reza, F. (2016). Strategi promosi penjualan online Lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74.

Rohwiyati, & Danarwati, Y. S. (2022). The effect of product quality and brand image on purchase decisions at PT Bangun Maju Lestari, Jaten District, Karanganyar Regency In 2022. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Mutiara Madani, 10(1), 83–96.

Rusiana, D., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Pengaruh celebrity endorser dan electronic word of mouth terhadap minat beli dengan brand image sebagai variabel mediasi pada e-commerce Tokopedia. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 12(2), 410-429.

Santosa, A. T. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, store atmosphere, dan e-WOM terhadap proses keputusan pembelian: Survei terhadap konsumen Zenbu-House of Mozaru Paris Van Java, Bandung. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 148–158.

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada toko online Bukalapak.com. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(1), 96-106.

Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung: Studi pada wisata Coban Rais BKPH Pujon. Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 189-196.

Saswiana, Hasmin, E., & Bustam. (2020). Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumen dan keputusan pembelian produk online shop: Studi kasus mahasiswa STIEM Bongaya Makassar. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 60–69.

Sengkey, G. T., Tampi, J. R. E., & Walangitan, O. F. C. (2022). Pengaruh penggunaan e-commerce terhadap keputusan pembeli jasa Traveloka.com di Kota Manado. Productivity, 3(2), 168-173.

Setiadi, I. G. N. B. H. I., M., & Ekawati, N. W. (2019). Brand image memediasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk smartphone Oppo di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8(1), 142-171. doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i01.p06.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi. Jakarta, Indonesia: Salemba Empat.

Sikki, N., Yuniarsih, Y., & Sundari, A. (2021, Desember). Strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan El Nuby Arabic Shop. Prosiding 1st Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SENRIABDI) 2021, Universitas Sahid Surakarta, Surakarta, Indonesia.

Silalahi, E. (2020). Pengaruh product innovation dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo pada konsumen Toko Jaya Ponsel cabang Skip Kota Bengkulu. Hasil Penelitian. Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Indonesia.

Silvia, C., & Atnan, N. (2019). Pengaruh testimonial review beauty vlogger terhadap keputusan pembelian di Kota Bandung: Studi pada produk Freeman dalam video Suhay Salim. e-Proceeding of Management, 6(1), 1714-1721.

Siregar, S. G., & Simajuntak, J. (2021). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian Scarlett Whitening pada media sosial Instagram. Scientia Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(3), 1-10.

Sudarita, Y. M. I. M., & Tandyonomanu, D. (2020). Pengaruh e-WOM terhadap keputusan pembelian produk kosmetik: Survey followers aktif akun @Jelitacosmetic. The Commercium, 3(1), 36-40.

Suryadiningrat, Y., Rahmat, T. Y., & Anandita, R. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial dan e-WOM terhadap kepercayaan dan minat beli belanja online. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 8(2), 515–523.

Suryani, T., Nurhadi, M., & Fauzi, A. A. (2020). E-marketing bagi UKM: Strategi periklanan, website & media sosial. Surabaya, Indonesia: CV. Jakad Media Publishing.

Ultimawati, P. & Andriyani, M. F. (2020). Penerapan strategi promosi pada marketplace Indonesia. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia.

Valentin, I. (2021). Pengaruh brand image dan beauty vlogger terhadap keputusan pembelian kosmetik make over di media sosial (Instagram dan Youtube). JIMEN: Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(2): 169-179.

Wulandari, A., & Putra, H. P. (2015). Pengaruh penerapan e-commerce terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada pengguna steam valve). Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(2), 446–454.

Yulindasari, E. R, & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (electronic word of mouth) terhadap keputusan pembelian kosmetik halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55–69.

Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). The effect of beauty influencer, lifestyle, brand image and halal labelization towards halal cosmetical purchasing decisions. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(2), 168–180.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Abadi, T. W., & Hawa, E. F. (2024). Pengaruh E-WOM, Citra Merek, E-Commerce, dan Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 21(1), 19–38. https://doi.org/10.24002/jik.v21i1.6406

Issue

Section

Research-based Article