Menggagas Jurnalisme Optimis dalam Pemberitaan tentang Bencana
DOI:
https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.882Keywords:
bencana, jurnalisme sensitif bencana, jurnalisme optimis, jurnalisme air mata.Abstract
Para wartawan, mulai dari wartawan yang berada di lapangan sampai dengan redaktur yang berada di ruang redaksi menjadi saksi dan sekaligus korban bencana. Pengalaman menjadi saksi dan korban bencana telah menjadi laboratorium dalam pembentukan gagasan tentang jurnalisme sensitif bencana yang disebut sebagai jurnalisme optimis. Istilah ini menjadi oposisi biner bagi jurnalisme air mata yang selama ini lebih mewarnai media massa di Indonesia dalam pemberitaan bencana. Paper ini membahas secara spesifik tentang jurnalisme optimis yang dimunculkan sejak pra peliputan kebencanaan yang didasarkan pada pengalaman lapangan para wartawan di Yogyakarta.
References
Arif, Ahmad (2010). Jurnalisme Bencana, Bencana Jurnalisme. Jakarta, KPG
Arif, Ahmad 2011. Jurnalisme Bencana : Tugas Suci, Praktik Cemar, dalam Budi, Setio [ed] (2011). Komunikasi Bencana. Yogyakarta, Aspikom
Badri, M (2011). Paradigma Jurnalisme Bencana, dalam Budi, Setio [ed] (2011). Komunikasi Bencana. Yogyakart, Aspikom dan Buku Litera
Biagi, Shirley (2005). Media / Impact : An Introduction to Mass Media, 7th Edition. Belmont,ThomsonWadsworth.
Budi, Setio HH (2011). Pentingnya Komunikasi Bencana, dalam Junaedi, Fajar; Puspita, Adi ; Oktaviana, Risa [ed]. Sensasi Vulgar Komunikasi Bencana. Yogyakarta, Lingkar Media
Junaedi, Fajar (2012). Menggagas Jurnalisme Penyiaran Tanggap Bencana, dalam Listiani, Endri dan Baksin, Askurifa’al [ed] (2013). Media dan Komunikasi Lingkungan. Bandung, Fikom Unisba dan Buku Litera.
Haddow, George D. dan Haddow, Kim S.(2009). Disaster Communication in The Changing of Media World. Oxford, Butterworth-Heinemann
Junaedi, Fajar (2011). Manajemen Penyiaran Bencana, dalam Budi, Setio [ed] (2011). Komunikasi Bencana. Yogyakarta : Aspikom dan Buku Litera.
Lindlof, Thomas R dan Taylor, Brian C (2002). Qualitative Communication Research Methods, 2nd Edition. London, Sage Publication
Neuman, Lawrence (2000). Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches, 4th Edition. London : Sage
Shoemaker, Pamela J. dan Reese, Stephen W (1996). Mediating The Message : Theories of Influences on Mass Media Content. New York, Longman
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal ILMU KOMUNIKASI is an academic journal. As such, it is dedicated to the open exchange of information. For this reason, JIK is freely available to individuals and institutions. Authors who publish in Jurnal ILMU KOMUNIKASI will release their articles under the Creative Commons Attribution (BY) License. This license allows anyone to copy and redistribute the article in any medium or format as well as remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially as long as they credit the authors for the original creation. For details of the rights authors grants users of their work, see the "human-readable summary" of the license, with a link to the full license. (Note that "you" refers to a user, not an author, in the summary)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.