PEMBUATAN PROGRAM AIRFUL 1.0 UNTUK MENENTUKAN KEBUTUHAN GEOMETRI RUNWAY, TAXIWAY, APRON DAN TERMINAL PENUMPANG

Authors

  • Alidina Nurul Hidayah Balai Litbang Sabo, Puslitbang SDA, Badan Litbang Kementerian PUPR
  • Cita Adiningrum Program StudiTeknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jts.v14i2.1528

Keywords:

runway, taxiway, apron, terminal penumpang

Abstract

Bandar udara merupakan salah satu prasarana transportasi yang mempunyai peran yang sangat penting saat ini. Perkembangan angkutan udara yang pesat harus diimbangi dengan pengembangan bandar udara sehingga tujuan dari transportasi dapat terpenuhi. Dalam perencanaan, perancangan maupun pengembangan fasilitas bandar udara baik itu sisi udara (runway, taxiway, dan apron) maupun sisi darat (terminal penumpang) diperlukan banyak tabel dan rumus yang harus digunakan sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam proses analisis secara manual. Pemrograman komputer dalam pembuatan software prediksi kebutuhan runway, taxiway, apron dan terminal penumpang dapat dijadikan solusi agar proses analisis dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan teliti. Analisis pada fasilitas sisi udara (runway, taxiway dan apron) didasarkan pada pedoman ICAO (1999) sedangkan pada fasilitas sisi darat (terminal penumpang) didasarkan pada perpaduan beberapa pedoman seperti SKEP/347/XII/99, JICA(1992) dan IATA (1989). Software pemrograman yang digunakan dalam penelitian ini adalah Visual Basic 2010 berbasis Windows. Data yang digunakan untuk uji validitas merupakan data sekunder yang diambil dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Pada fasilitas sisi darat dan udara, data sekunder diambil dari tugas akhir yang telah dilakukan sebelumnya oleh Zulaekhah (2010) dan Setyana (2010) dengan studi kasus pada Bandara Ngurah Rai, Bali. Hasil uji validitas dari perbandingan antara analisis secara manual dan dengan menggunakan program AirFuLs 10 pada fasilitas bandar udara seperti runway, taxiway, apron dan terminal penumpang sebesar 0,000%. Hal ini membuktikan bahwa program AirFuLs 1.0 yang telah dibuat dapat dikatakan valid untuk digunakan.

References

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, 1999, Surat Keputusan Perhubungan Udara: SKEP/347/XII/1999 tentang Standar Rancang Bangun dan/atau Rekayasa Fasilitas dan Peralatan Bandar Udara, Jakarta: Departemen Perhubungan.

International Air Transport Assosiation, 1989, Airport Terminal Reference Manual, Canada.

ICAO, 1999, International Standards and Recommended Practices Aerodromes Annex 14, Volume 1, Aerodrome Design and Operations, Second Edition, ICAO, Montreal, Canada.

JICA, 1992, Airport Terminal Area Planning, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Japan International Cooperation Agency (JICA), Civil Aviation Bureau, Ministry of Transport Japan.

Zulaekhah, 2010, Analysis Geometrik Runway, Taxiway, dan Apron Bandar Udara Internasional Ngurah-Rai, Denpasar, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Downloads

Published

2018-03-06

Issue

Section

Articles