PENILAIAN KONDISI, SOLUSI PENANGANAN, DAN PREDIKSI UMUR SISA JEMBATAN WAY KENDAWAI I BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN BRIDGE MANAGEMENT SYSTEM (BMS)

Authors

  • Panji Marshando Program Magister Terapan Rekayasa Infrastruktur Politeknik Negeri Bandung
  • Sumargo Sumargo Jurusan Teknik Sipil, Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.24002/jts.v16i1.4217

Abstract

Jembatan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sarana transportasi khusus nya pada suatu jaringan jalan. Apabila jembatan mengalami kerusakan, maka akan sangat mempengaruhi sarana transportasi dan distribusi didaerah tersebut. Demi mencegah hal tersebut, maka diperlukan upaya preventif berupa pemeriksaan jembatan. Kegiatan pemeriksaan jembatan dilaksanakan dibawah sistem manajemen jembatan atau Bridge Management System (BMS). BMS merupakan sistem yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga dan terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Jembatan (SIMJ) yang berfungsi mengatur secara sistematis kegiatan pemeriksaan, rencana dan program, dan perencanaan teknis sampai pada pelaksanaan dan pemeliharaan jembatan.Penelitian jembatan ini adalah pada Jembatan Way Kendawai I Bandar Lampung. Data kondisi jembatan di dapat berdasarkan pengamatan dan pemeriksaan langsung di lapangan. Kondisi jembatan dinilai berdasarkan 5 kategori nilai, yaitu ditinjau berdasarkan struktur, kerusakan, kekuatan, kuantitas, fungsi dan pengaruh.. Berdasarkan penilaian kondisi, skrinning teknis serta analisis penanganan per element struktur jembatan, Jembatan Way Kendawai memiliki nilai 2 (Jembatan/elemen mengalami kerusakan yang memerlukan pemantauan dan pemeliharaan berkala) dan beberapa perkuatan pada abutment dan bagian sayap jembatan. Adapun prediksi sisa umur Jembatan Way Kendawai I yang didapatkan berdasarkan hasil investigasi nilai kondisi jembatan adalah 18,89 Tahun.

References

Hariman. Ferry, H. Christiady . Hari, Triwijiyono. Andreas . (2007),. Evaluasi dan Program Pemeliharaan Jembatan dengan Metode Bridge Management System (BMS) (Studi Kasus : Empat Jembatan Propinsi D. I. Yogyakarta ). Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan. Fakultas Teknik, Universitas Gajah Mada, hal 581 -593. Yogyakarta.

Harywijaya. Wihlman, Afifuddin. Mochammad, Isya. Muhammad (2020), Penilaian Kondisi Jembatan Menggunakan Bridge Management System (BMS) dan Bridge Condition Rating (BCR). Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, hal 80-88. Banda Aceh.

Apriani. Widya, Megasari. Wahyuni, Shanti. Loka, Putri. Alrisa. Wella. (2018),, Penilaian Kondisi Jembatan Rangka Baja Di Riau Dengan Metode Bridge Management System. Program Studi Teknik Sipil, Universitas Lancang Kuning, ,Rumbai, hal 103-110. Pekanbaru.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (2017). Modul 3 Prosedur Pemeliharaan Jembatan, Jakarta hal 44-49.

Direktorat Jenderal Bina Marga. Departement Pekerjaan Umum Republik Indonesia, (1993), PanduanPemeriksaan Jembatan, Jakarta.

Downloads

Published

2021-02-07

Issue

Section

Vol. 16, No. 1 Oktober 2020