PDF

Pranisa Luita Nadia Singarimbun, Rudi Waluyo, Apria Brita Pandohop Gawei
Abstract
Material merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan karena sangat mempengaruhi nilai produktivitas dan biaya proyek. Dalam pelaksanaan pembangunan sering terjadi masalah yaitu, material konstruksi yang berlebih, tersisa, berserakan, hancur yang tidak dapat digunakan lagi yang disebut waste material. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui material yang berpotensi menjadi waste material consumable dan non consumable beserta penyebabnya, upaya mengurangi waste material consumable dan non consumable yang akan terjadi dan cara penanganan waste material consumable dan non consumable yang telah terjadi pada proyek perumahan sederhana di Kota Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-September 2020, selama 7 bulan. Pandemi COVID-19 menyebabkan penelitian ini tertunda dan dilanjutkan kembali setelah memasuki kenormalan baru. Data penelitian diperoleh melalui survei penyebaran kuesioner kepada 35 pengembang perumahan sederhana di Kota Palangka Raya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis frekuensi, dan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa material yang berpotensi menjadi waste material pada consumable material adalah semen, pasir, kerikil/agregat kasar, besi beton/tulangan, kayu (papan), keramik, pipa, paku. Sedangkan pada non-consumable material adalah papan bekisting, perancah kayu (balok) dan perancah kayu (bulat). Faktor penyebab waste material pada consumable material adalah pengukuran di lapangan tidak akurat sehingga terjadi kelebihan volume. Dan untuk non-consumable material adalah kesalahan yang diakibatkan oleh tenaga kerja. Upaya untuk mengurangi waste material consumable dan non consumable yang akan terjadi adalah kerja dengan teliti. Cara penanganan waste material consumable dan non consumable yang telah terjadi adalah gunakan kembali.
References

Asnudin, A. “Pengendalian Material Sisa (Waste Material) (Studi Kasus Pembangunan Gedung Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Kabupaten Sigi”. Infrastruktur Vol. 7 No. 2. (2017): 74.

Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya, 2017. Palangka Raya Dalam Angka Tahun 2017. Palangka Raya: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya, 2018. Palangka Raya Dalam Angka Tahun 2018. Palangka Raya: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya, 2019. Palangka Raya Dalam Angka Tahun 2019. Palangka Raya: Badan Pusat Statistik.

Ervianto, W. I. 2004. Teori-Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Gavilan, R. M., and Bernold, L. E. 1994. “Source Evaluation of Waste in Building Construction”, Journal of Engineering and Management, .

Intan, Suryanto. 2005. “Analisa dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi: Sumber Penyebab, Kuantitas, dan Biaya”. Tesis Pascasarjana – Universitas Kristen Petra Surabaya. Surabaya

Nawawi, Hadari. 2001. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada Offset.

Pemerintah Indonesia. 1964. Undang-Undang No. 1 Tahun 1964 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No. 6 Tahun 1962 Tentang Pokok-Pokok Perumahan. . Lembaran RI Tahun 1992 No. 1. Jakarta : Sekretariat Negara

Putra, I Gusti Putu Adi Suartika, G A. P. Candra Dharmayanti, dan A. A. Diah Parami Dewi. 2018. “Penanganan Waste material Pada Proyek Konstruksi Gedung Bertingkat”, Jurnal spektran. Denpasar.

Setyadharma, A. 2010. Modul Uji Asumsi Klasik Dengan SPSS 16.0. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Sugiarto dkk. 2017. “Analisis Dan Identifikasi Sisa Material Konstruksi Dalam Proyek Pembangunan Dan Peningkatan Jalan Solo-Gemolong-Geyer Bts, Kab.Sragen”. E-Jurnal Matriks Teknik Sipil. Solo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta

Triandini, Asih. 2019. “Konsep Penerapan Waste Management pada Kontraktor di Kota Palangka Raya”. Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya. Palangka Raya

Wiguna, I Putu Artama, dan Henni Iriana. 2009. “Analisis Penanganan Material Waste Pada Proyek Perumahan Di Surabaya”. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah. Surabaya

Yang dan miller. 2008. Karakteristik responden. Jakarta: Erlangga.