ANALISIS TINGKAT PELAYANAN PENYEBERANGAN KAPAL FERRY BENGKULU- ENGGANO

(Studi Kasus : PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Provinsi Bengkulu)

Authors

  • Cristy Pujianti andriyani Progam Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Prof. DR. Hazairin, S.H
  • Edito Dwi Antoro Progam Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Prof. DR. Hazairin, S.H
  • Tri Sefrus Progam Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Prof. DR. Hazairin, S.H

DOI:

https://doi.org/10.24002/jts.v17i1.5456

Abstract

Sebagai moda transportasi utama antar pulau di Bengkulu, maka dibutuhkan pelayanan dan fasilitas penunjang yang baik, untuk menciptakan keadaan aman dan nyaman bagi pengguna jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan dan fasilitas yang diberikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Provinsi Bengkulu berdasarkan kepuasan penumpang. Analisis dilakukan dengan metode Importance and Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI), yang kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS 21. Dari metode Importance and Performance Analysis (IPA) didapatkan nilai kepuasan penumpang (X) rata-rata sebesar 45,25 dan nilai harapan (Y) sebesar 54,73. Hal ini menunjukkan bahwa lebih besar harapan dari pada kepuasan penumpang. Artinya, pelayanan perusahaan harus lebih ditingkatkan lagi . Beberapa faktor yang prioritas untuk diperbaiki yaitu kondisi jalan akses ke pelabuhan, lampu penerangan, daya tampung kapal/luas parkir di dalam kapal, ketepatan jadwal keberangkatan, jarak dan ketersediaan angkutan umum dari pelabuhan, serta kesesuaian tarif angkut kendaraan dan barang.  Sedangkan dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI), didapatkan nilai sebesar 7,3%. Nilai ini berada pada rentang nilai 0,66-0,80;  yang berarti bahwa konsumen merasa puas secara keseluruhan terhadap pelayanan yang diberikan. Disarankan bahwa perusahaan harus lebih meningkatkan lagi pelayanan untuk memaksimalkan tingkat kepuasan kosumen terhadap perusahaan.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Vol. 17, No. 1 Oktober 2022