PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENDORONG TERWUJUDNYA ETIKA USAHA YANG BAIK

Authors

  • Laurentius Banyu Biru Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jep.v38i2.6345

Keywords:

Role, DIY Ombudsman Institute, Good Business Ethics

Abstract

This research was inspired by the existence of the DIY Ombudsman Institute which has one of the goals of encouraging the realization of business ethics. There are 2 (two) issues raised in this study, namely: What is the role of the DIY Ombudsman Institute in encouraging the realization of business ethics and what are the criteria for the DIY Ombudsman Institute in identifying a case as a violation of business ethics in terms of Utilitarianism and Deontology ethical theory? This research is a normative research with a statutory approach and a philosophical approach. The results showed that the DIY Ombudsman Institute carried out its role by socializing and facilitating the resolution of business ethics violations. The results of the study also show that the Yogyakarta Ombudsman Institute uses the criteria of violating obligations in determining a case to constitute a violation of good business ethics.

References

Buku

Bertens, Kees, 2013, Etika, Penerbit PT Kanisius, Yogyakarta.

____________, 2016, Pengantar Etika Bisnis, Penerbit PT Kanisius, Yogyakarta.

Budiono, Gatut L., 2011, Etika Bisnis Pendekatan Teoritis dan Praktis, Penerbit Poliyama Widya Pustaka, Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2012, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Dwi Priyono, dkk., 2013, Pedoman Tata Kelola Usaha Beretika, Lembaga Ombudsman Swasta DIY, Yogyakarta.

Efendi, Jonaedi dan Johnny Ibrahim, 2016, Metode Penelitian Hukum Normatif Dan Empiris, Penerbit Kencana, Jakarta, hlm. 124.

Graham, Gordon, 2015, Teori-Teori Etika, Penerbit Nusa Media, Bandung.

Hazlitt, Henry, 2003, Dasar-dasar Moralitas, Penerbit Pusataka Pelajar, Yogyakarta.

Ibrahim, Johnny, 2005, Teori & Metodologi Penelitian Hukum Normatif, Penerbit Bayumedia Publishing, Malang.

Keraf, Sony, 1998, Etika Bisnis Tuntunan dan Relevansinya, Penerbit PT Kanisius, Yogyakarta.

Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta, 2021, Laporan Pelaksanaan Tugas Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta Triwulan Keempat (Oktober-Desember 2021), Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta.

Marzuki, Peter Mahmud, 2021, Penelitian Hukum, Penerbit Kencana, Jakarta.

Mertokusumo, Sudikno, 2016, Mengenal Hukum Suatu Pengantar, Cahaya Atma Pustaka, Yogyakarta.

Nugroho, Arissetyanto dan Agus Arijanto, 2015, Etika Bisnis (Business Ethics) Pemahaman Teori Secara Komprehensif dan Implementasinya, Penerbit IPB Press, Bogor.

Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyowati, 2015, Sosiologi Suatu Pengantar, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Subekti, R. dan R. Tjitrosudibio, 2013, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Balai Pustaka, Jakarta.

Jurnal

Catur Reza Pratiwi, Tety dan Tetty Widiyastuti, “Analisis Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha di CV Alvina Indah Motor Blitar”, Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, Vol. 3, No. 2, 2018.

Eldo E, Frezza dan Frezza Gianmarco E, “Ethics and Deontology in Business”, Austin Journal of Business Administration and Management, Vol. 1, No. 2, Mei 2017.

Hadi, Fikri dan Farina Gandryani, “Ombudsman Daerah Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Di Daerah: Studi Kelembagaan Lembaga Ombudsman DIY”, Jurnal Simposium Hukum Indonesia, Vol. 1, No. 1, November 2019.

Ibad, Syahrul, “Eksistensi Lembaga Ombudsman Daerah Dalam Mengawal Penyelenggaran Pemerintahan Daerah”, Jurnal Dialektika, Vol. 3, No. 1, Februari 2018.

Kurniawaty, Erlita, “Pengaruh Citra Perusahaan Dan Tarif Premi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Kepuasan Pelanggan Di PT Asuransi Cigna Jakarta”, Jurnal Kreatif: Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, Vol. 5, No. 1, Oktober 2017.

Manik, Desma Erica Maryati, “Pengaruh Citra Perusahaan dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. Astra Internasional-Medan”, Jurnal Riset Manajemen & Bisnis, Vol. 3, No. 2, November 2018.

Miranthi, Andra dan Idris, “Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Penumpang New Atlas Taksi Semarang)”, Diponegoro Journal of Management, Vol. 6, No. 2, 2017.

Setiawan, Adam, “Pelaksanaan Fungsi Rekomendasi Ombudsman Republik Indonesia Kepada Kepala Daerah”, Jurnal Veritas et Justitia, Vol. 6. No. 2, Desember 2020.

Widijantoro, Johanes, “Mewjudukan Perniagaan Berkeadilan Melalui Peningkatan Akses Keadilan Konsumen”, Jurnal Mimbar Hukum, Vol. 28, No. 3, Oktober 2016.

Widjaya, Kevin dan Wendra Hartono, “Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Pada Perusahaan CV Mahkota Citra Mandiri”, Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, Vol. 5, No. 3, Agustus 2020.

Peraturan Perundang-undangan

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Burgerlijk Wetboek).

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 42).

Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 139).

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 69 Tahun

tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (Berita Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014 Nomor 69).

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 28 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 69 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (Berita Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019 Nomor 28).

Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 942).

Downloads

Published

09-Dec-2022