PREFERENSI MAHASISWA DALAM MEMILIH TEMPAT MENGERJAKAN TUGAS KULIAH INDIVIDU

Authors

  • Fadhil Muhammad Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung
  • Hanson E Kusuma Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung
  • Feni Kurniati Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.24002/jars.v13i1.2779

Keywords:

tugas kuliah individu, tempat, preferensi, tugas, produktivitas, individual assignments, place, preference, work, productivity

Abstract

Abstrak: Dalam kehidupannya sehari-hari, mahasiswa tidak pernah lepas dari tugas kuliah individual yang merupakan bagian dari kegiatan belajar mahasiswa. Mahasiswa membutuhkan tempat yang dapat mendukungnya dalam mengerjakan tugas kuliah individual. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi mahasiswa dalam memilih tempat mengerjakan tugas kuliah individu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan kuesioner dan disebarkan secara daring. Data yang telah didapatkan dianalisis dengan cara open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil dari penelitian ini berupa faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih tempat mengerjakan tugas kuliah individu yaitu privasi, interaksi & referensi, dan suasana & jaringan internet.

Kata kunci: tugas kuliah individu; tempat; preferensi; tugas; produktivitas.

Title: Student Preferences in Choosing Places for Working Individual Assignment Place

Abstract: In their daily lives, students are never separated from individual college assignments which are part of student learning activities. Students need a place that can support them in doing individual assignments. The purpose of this study is to find out some factors that influence the preferences of students in choosing a place where they do their individual assignments. This study uses a qualitative method. Data collection in this research uses questionnaires and is distributed online. The data that has been obtained is analyzed by means of open coding, axial coding, and selective coding. The results of this study are in the form of factors that influence students in choosing a place to work on individual assignments, namely privacy, interaction & reference, and the atmosphere & internet network.

Keywords: individual assignments; place; preference; work; productivity.

References

Beckers, R, dkk. (2016). Learning Space Preferences of Higher Education Students. Journal of building and environment, 104, 243-252.

Chressetianto, A. (2013). Pengaruh Aksesoris dan Elemen Pembentuk Ruang terhadap Suasana dan Karakter Interior Lobi Hotel Artotel Surabaya. Jurnal intra, 1, 1-7.

Creswell, J.W. (2008). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Sage Publications, Inc.

Farasa, N. & Kusuma, H.E. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebetahan di Kafe: Perbedaan Preferensi Gender dan Motivasi. Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia 2015. Manado, Sulawesi Utara.

Hidjaz, T. (2011). Interaksi Perilaku dan Suasana Ruang di Perkantoran Kasus di 2 lokasi Kantor Pusat PT.Telkom, Bandung. Jurnal Itenas Rekarupa, 1, 13-27.

Ibrahim, N. & Fadzil, N.H. (2013). Informal Setting for Learning on Campus: Usage and Preference. Asia Pacific International Conference on Environment-Behaviour Studies. University of Westminster, London, UK.

Kumar, R. (2005). Research Methodology: A Step-by-Step Guide For Beginners. London: Sage Publications, Inc.

Mandey, J.C. & Kindangen, J.I. (2017). Studi Kenyamanan Panas dan Hubungannya dengan Tingkat Produktivitas di Ruang Kantor. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 12, 53-59.

Pranata, R H. & Hartati U. (2017). Interaksi Sosial Suku Sunda dengan Suku Jawa (Kajian Akulturasi dan Akomodasi di Desa Buko Poso, Kabupaten Mesuji). Jurnal Swarnadwipa, 1, 179-190.

Sulistiyani, H. (2014). Fleksibilitas ruang Kelas sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan dalam Membangun Motivasi Anak di TK Bunda Ganesa Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 13, 60-71.

Downloads

Published

2021-11-12