Transformasi Digital: Edukasi Pemasaran Online Sebagai Peningkatan Daya Saing UMKM Desa Sidomulyo

Authors

  • Muhammad Syarofi Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Vina Lili Handayani Universitas Al Falah As Sunniyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v4i1.10918

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Transformasi Digital

Abstract

Hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Revolusi Industri 4.0 telah mengubah
dinamika bisnis dan pemasaran, sehingga diperlukan strategi untuk membantu UMKM tetap
kompetitif di era digital. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan
keterampilan pelaku UMKM di Desa Sidomulyo, baik dalam aspek personal maupun kapasitas
usaha. Fokus utama program ini adalah pengembangan usaha berbasis potensi lokal melalui
pemasaran digital. Metode yang digunakan adalah ECA-EVARED (Exploration, Create and Action,
Evaluation, dan Report and Dissemination) yang mencakup pengumpulan data awal melalui
wawancara dan observasi, pelatihan pemasaran daring, serta pendampingan usaha. Hasil kegiatan
ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Desa Sidomulyo mengalami perluasan jangkauan
pemasaran, peningkatan pendapatan, serta peningkatan kreativitas dalam memanfaatkan digital
marketplace untuk promosi dan penjualan. Kontribusi dari program ini adalah memberikan solusi
konkret bagi UMKM dalam menghadapi tantangan pemasaran di era digital, serta mendukung
pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan daya saing usaha kecil

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles