Pengembangan Desain Kemasan Takoyaki Kowichi Sebagai Upaya Pemberdayaan UMKM untuk Meningkatkan Daya Saing

Authors

  • Ragil Noviyanti Noviyanti Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Bryan Syahputra Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Trias Widha Andari Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Sonhaji Arif Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Putra Uji Deva Satria Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Athika Dwi Wiji Utami Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Akhya Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Amalia Hartiningrum Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v4i1.11087

Keywords:

Desain kemasan, UMKM, Takoyaki Kowichi

Abstract

Takoyaki Kowichi menghadapi tantangan dalam meningkatkan daya tarik produk yang di jual di pasaran. Rasa produk yang lezat dan harga produk yang cukup terjangkau, ternyata tidak cukup menarik minat customer, jika tidak diimbangi dengan desain kemasan yang menarik dan fungsional. Oleh karena itu, pemilik usaha Takoyaki Kowichi berinisiatif untuk mengembangkan desain kemasan produk agar menarik customer dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain kemasan Takoyaki Kowichi sebagai upaya meningkatkan daya saing produk di pasaran. Metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk dan keefektifan produk pada kemasan tersebut. Analisis visual pengembangan desain kemasan, seperti logo, tipografi, ilustrasi, foto produk, warna dan informasi produk. Hasil penelitian ini adalah desain baru kemasan Takoyaki Kowichi yang lebih estetik, menarik, dan kekinian. Peneliti juga mengembangkan mockup logo Takoyaki Kowichi di berbagai media seperti kaos, topi, mug, dsb.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles