Pengukuran Efektivitas Media Endorsement dengan Menggunakan Social Media Analytic Sebagai Formulasi Strategi Peningkatan Penjualan pada UMKM

Authors

  • Aisyah Larasati Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Negeri Malang
  • Anik Dwiastuti Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Negeri Malang
  • Nikmatus Sholikha Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Negeri Malang
  • Titalia Trias Salsabila Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Negeri Malang
  • Taznim Fauziah Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v4i1.11207

Keywords:

UMKM, sistem marketing , media endorsement, social media analytic

Abstract

“Lubnaa Fud en Drings” merupakan usaha dengan skala industri rumah tangga yang menjual dan memasarkan produknya melalui social media seperti Instagram dan menerima pesanan melalui Whatsapp. Produk dari “Lubnaa Fud en Drings” meliputi vietnam spring roll, salad buah, sandwich, frozen food (chicken roll dan rolade), dan cistik yang dibuat secara homemade dengan kualitas terjamin karena semua bahan baku dibeli dan diolah secara mandiri oleh pemilik usaha. Selama ini, sistem marketing yang dilakukan “Lubnaa Fud en Drings” hanya mengandalkan Instagram dan Whatsapp yang belum dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, social media yang digunakan belum pernah dianalisis dan digunakan untuk mengenali lebih jauh karakteristik pelanggan dan pelanggan potensial dari “Lubnaa Fud en Drings”. Pemanfaatan social media dapat berupa endorsement yang berguna untuk memperluas jaringan pemasaran produk. Social media analytic digunakan untuk menganalisis traffic komunikasi dari social media “Lubnaa Fud en Drings” yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan insight information terkait karakteristik pengunjung social media “Lubnaa Fud en Drings”.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles