Pengarahan Metode Pelaksanaan Pengecoran pada Lahan SDIK Nurul Quran

Authors

  • Aulia Rahman Universitas Teuku Umar
  • Alvisyahri Alvisyahri Universitas Teuku Umar
  • Delfian Masrura Universitas Teuku Umar
  • Rezqi Malia Universitas Teuku Umar
  • Raina Parmitalia Dinda Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v4i1.11437

Keywords:

SDIK nurul qur’an, pondasi, pengecoran sawah, Pengabdian

Abstract

SDIK (Sekolah Dasar Islam Karakter) Yayasan Nurul Qur’an berlokasi Kabupaten Aceh Besar merupakan sekolah dasar yang memiliki prasarana Ruang Kelas Belajar (RKB) sejumlah 8 ruang dan belum mencukupi untuk kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu dibangun Ruang Kelas Belajar (RKB) yang baru untuk kelancaran aktivitas sehari-hari. Kawasan Sekolah ini merupakan lahan persawahan yang telah dilakukan pembangunan dan pengembangan kawasan. pada pengabdian ini penulis menggunakan sebagai pengabdian masyarakat untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi Dosen. Tujuan ingin dicapai secara umum adalah pembangunan Ruang Kuliah Belajar (RKB) untuk kegiatan belajar mengajar untuk menunjang program kegiatan SDIK Nurul Qur’an. Manfaat kegiatan ini memberikan sarana pendidikan berbasis Islam karakter, khususnya pendidikan karakter bagi generasi muda dan anak-anak bangsa. Hasilnya, metode penyampaian dilakukan dengan tinjauan survei dan pelaksanaan ke lokasi pekerjaan, hasil print out dibagikan kepada peserta, penggambaran dilakukan dengan spidol di kertas tempel di dinding. Pekerja merupakan para tukang yang telah bekerja di atas 5 tahun, pemahaman penyampaian mudah ditanggapi dan dipahami sehingga sosialisasi pendampingan ini berjalan sukses.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles