Pelatihan dan Pembuatan Video Pembelajaran pada TK AL-Islam Tambak Bayan Yogyakarta

Authors

  • Clara Hetty Primasari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Roberto Reno Sitepu Fakultas Teknobiologi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Lutgarda Virgi Yandi Saputra Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Thomas Edwin Suryo Prayogo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Emmanuel Hansel Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Bernardinus Odie Kristiawan Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • I Gede Wahyu Sedana Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v1i2.5945

Keywords:

pembelajaran daring, video pembelajaran, pelatihan, TK

Abstract

Pengabdian ini di latar belakangi oleh kesulitan dalam mengajar di era pandemi yang membuat para guru harus mengadaptasi seluruh kegiatan belajar mengajar menjadi daring. Adaptasi pembelajaran secara daring menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi guru TK AL-Islam Tambak Bayan.  Siswa TK masih belum bisa memahami kompleksitas yang ada pada pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, banyak metode yang kurang cocok dan ketidakmampuan guru dalam menerapkan teknologi informasi dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini menyebabkan kegiatan belajar mengajar menjadi seadanya saja sehingga tidak dapat berjalan dengan baik. Tujuan pengabdian ini yakni untuk membantu serta melatih guru TK AL-Islam Tambak Bayan dalam menyajikan materi pembelajaran melalui video animasi yang menarik sehingga siswa TK memiliki kemauan untuk belajar. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan Animaker, untuk kemudian video tersebut dapat diakses secara daring. Hasil yang didapatkan dari pengabdian ini adalah para guru TK AL-Islam Tambak Bayan mampu memahami fitur dan cara menggunakan Animaker serta dapat membuat video pembelajaran animasi yang menarik dan mudah dipahami bagi murid TK.

Downloads

Published

2022-09-12