Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Engagement Pada Kedai Bintoro Kopi

Authors

  • Novianto Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Y H Suprianto Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • R A P Singgih Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Jonathan Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • A H Gunadi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Y P Wibisono Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v1i2.5975

Keywords:

desain grafis, kedai kopi, instagram, pelatihan, social engagement

Abstract

Perkembangan teknologi berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun belakangan ini terutama pada media sosial. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan adalah Instagram. Biasanya Instagram digunakan untuk media promosi para pemilik bisnis, baik perusahaan maupun UKM.  Salah satu UKM yang menggunakan Instagram sebagai media promosi adalah Kedai Kopi Binkop. Akan tetapi promosi Binkop masih kurang maksimal dari segi desain dan konsistensi. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan pelatihan dalam penggunaan media sosial untuk promosi. Pelatihan dilaksanakan sebanyak lima sesi yaitu pelatihan teori desain dan marketing, pelatihan pengaplikasian dan tiga sesi pendampingan. Dari pelatihan ini kedai Kopi Binkop menghasilkan tiga unggahan IG Story dan empat IG Feed. Terlihat dari statistik Insight Instagram Binkop bahwa terdapat kenaikan yang signifikan pada akun yang dijangkau dan akun yang berinteraksi setelah diadakannya pelatihan.

Downloads

Published

2022-09-12