Pembuatan dan Pengembangan Account E-Commerce pada “Waroeng Bali Tani”

Authors

  • O Darren Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • M E Mauritz C Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • R Benardi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • J G P Negara Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v1i2.6381

Keywords:

Pengabdian, Covid-19, E-Commerce, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia mengalami peningkatan di setiap harinya. Tentu saja perkembangan positif ini dapat kita manfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar kita, seperti melakukan perdagangan tanpa perlu bertatap muka, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini dampak teknologi sangatlah besar. Dimana UMKM pastinya mengalami penurunan omset penjualan, dikarenakan menurunnya intensitas pembeli yang datang karena tidak berani keluar rumah, sekarang konsumen cenderung membeli segala sesuatu menggunakan e-commerce. Kegiatan pengabdian masyarakat ini kami lakukan untuk memberikan media penjualan secara online melalui e-commerce berupa account Shopee dan cara pengembangannya kepada Waroeng Bali Tani yang merupakan UMKM produk pertanian. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), dengan terlibat secara langsung dalam penggalian informasi yang dibutuhkan oleh narasumber. Berdasarkan metode PAR, kami mengambil 3 tahapan metode dalam pengabdian ini yakni metode pendekatan, metode pengenalan, dan metode pengembangan. Hasil dari pengabdian adalah berupa account e-commerce dan pelatihan pengembangan account tersebut, agar nantinya UMKM ini dapat berkembang dengan adanya bantuan teknologi.

Downloads

Published

2022-09-12