Pengembangan Kecakapan Digital pada Guru di TK dan SD Budya Wacana Yogyakarta

Authors

  • Yudi Perbawaningsih Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Olivia Lewi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Birgitta Puspita Jati Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v2i1.7132

Keywords:

Inovasi, Guru, Kecakapan Digital, Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abstract

Kita saat ini sedang berada di era Industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan pesat teknologi berbasis digital, termasuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK), baik dari sisi inovasi teknologi dan pemanfaatannya di berbagai sisi kehidupan. Namun demikian,  Inovasi TIK juga membawa konsekuensi sosial yang negatif bagi kesejahteraan dan martabat manusia. Hal ini lebih banyak diakibatkan oleh ketidaksiapan secara pengetahuan, sikap dan perilaku.  Oleh sebab itu, masyarakat tidak hanya perlu mengetahui cara penggunaan TIK, tetapi juga memiliki pengetahuan dan sikap serta perilaku terhadap TIK yang dapat membangun kesejahteraan dan martabat manusia. Dengan asumsi bahwa guru adalah ujung tombak edukasi masyarakat, maka guru menjadi target utama untuk ditingkatkan literasi digitalnya. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pembentukan sikap tentang penggunaan TIK berbasis digital terutama dalam konteks bermedia digital pada para guru. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut, diturunkan dalam 7 sesi, dengan rerata durasi adalah 100 menit. Pengusul kegiatan ini adalah 3 orang dengan menghadirkan 3 narasumber yang lain. Target edukasi ini adalah guru SD dan TK Budya Wacana Yogyakarta, yang memiliki perhatian pada menyiapkan peserta didik untuk beradaptasi secara cepat dan tepat dengan teknologi digital secara aman dan arif.

Author Biographies

Yudi Perbawaningsih, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

She is a senior lecturer in communication science. She is interested in the impact of digital technology or media on society.

Olivia Lewi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Olivia Lewi is a lecturer at Communication Department, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Her research concern is in the field of journalism and digital literacy.

Birgitta Puspita Jati, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

She is a lecture at Communication Department, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Her academic concern is in children education, particularly in the context of digital era.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles