Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pengenalan dan Pencegahan Perundungan Siber kepada Siswa SMP Negeri 2 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.24002/giat.v2i1.7179Keywords:
Perundungan, Perundungan Siber, Filter Instagram, Edukasi, SiswaAbstract
Perundungan Siber adalah salah satu kasus perundungan yang kerap terjadi di dunia maya seperti media sosial, messaging platform, gaming platform dan mobile phones. Kegiatan sosialisasi serta edukasi tentang perundungan siber yang telah dilaksanakan menghasilkan sebuah peningkatan nilai tes yang dilakukan sebesar 34 poin. Siswa siswi SMP Negeri 2 Yogyakarta merasa dapat memahami lebih dalam tentang perundungan serta perundungan siber, namun masih memerlukan sebuah bentuk sosialisasi lanjutan untuk menciptakan karakter siswa siswi yang lebih peka terhadap sekitar dan simpati terhadap korban perundungan ataupun perundungan siber.