Pembuatan Alat Peraga Fisik Berbasis Augmented Reality dan Video Pembelajaran pada SD Kanisius Condongcatur
DOI:
https://doi.org/10.24002/giat.v2i2.7182Keywords:
Alat peraga fisik, Augmented reality, Video pembelajaran, SDAbstract
Pendidikan pada Era Society 5.0 menuntut peserta didik harus dibekali dengan kemampuan berpikir kritis dan terstruktur sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan pemahaman siswa, guru perlu memberikan penjelasan materi dengan bantuan alat peraga fisik, sehingga materi pembelajaran akan mudah diterima secara nyata oleh siswa. Dengan perkembangan zaman, pengaruh teknologi bagi dunia pendidikan dapat memberikan dorongan lebih bagi motivasi belajar dan eksplorasi siswa. Dalam rangka penerapan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, kami mengkombinasikan materi pembelajaran yang dibantu oleh alat peraga fisik dengan tambahan teknologi Augmented Reality yang telah berisikan video pembelajaran. Kami bekerja sama dengan SD Kanisius Condongcatur dengan membuatkan alat peraga fisik berupa poster yang berpadu teknologi augmented reality serta berisikan video pembelajaran