Pengembangan, Penyerahan, dan Pelatihan Sistem Informasi Restoran Berbasis Web untuk Restoran Tachia Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.24002/giat.v2i1.7192Keywords:
Sistem Informasi Restoran, Fitur Keuangan dan Inventaris, Restoran Tachia Jakarta, Pelatihan SistemAbstract
Perkembangan teknologi informasi meningkat dengan cepat. Banyak bisnis yang sudah menggunakan teknologi untuk mendukung proses bisnis mereka, salah satunya adalah usaha bisnis kuliner. Transformasi digital dilakukan untuk mendapatkan berbagai keuntungan seperti meningkatkan pengawasan, mempertahankan kualitas produk dan pelayanan, meningkatkan kinerja, serta mengurangi biaya pengelolaan. Salah satu dari sekian banyak restoran yang belum memanfaatkan Sistem Informasi secara efektif adalah Restoran Tachia 大家 di Muara Karang, Jakarta. Restoran Tachia merupakan salah satu usaha kuliner yang menyediakan masakan Chinese food non-halal. Proses pencatatan dan pengelolaan data pada restoran masih dilakukan secara manual dengan memakai kertas. Begitu juga dengan pemberian pesanan yang diberikan dari kasir kepada pihak dapur masih dilakukan secara manual. Hal tersebut menghambat proses bisnis menjadi tidak maksimal. Artikel ini melaporkan kegiatan PkM terkait pengembangan sebuah sistem informasi restoran untuk Tachia. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode prototyping, bahasa pemrograman PHP dan framework CodeIgniter. Sedangkan, pemodelan sistem dibuat menggunakan notasi UML. Hasil dari kegiatan PkM ini adalah sebuah sistem informasi restoran terintegrasi, yang dapat mengoptimalkan pelayanan restoran kepada pelanggan. Selain mengembangkan dan menyerahkan sistem usulan, kegiatan pelatihan terkait cara penggunaan sistem juga dilakukan. Pelatihan ini ditujukan kepada pengguna sistem.