Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta

Authors

  • Meutia Braniwati Institut Informatika Indonesia, Surabaya
  • Arjuna Bangsawan Institut Informatika Indonesia, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v2i2.7264

Keywords:

Instagram, Media sosial, Media promosi

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi atau media sosial marketing pada kampus swasta di Yogyakarta. Manfaat kajian ini adalah memberikan sejumlah informasi kepada pengguna media sosial khususnya pengikut Instagram, calon mahasiswa untuk mengetahui secara mendalam terkait pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Dalam kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahapan mencari data, studi pustaka, dan analisa teori media promosi dan teori desain dalam komunikasi wacana. Hasil kajian ini bertujuan agar masyarakat secara sadar membangun sebuah dasar pedoman dalam memanfaatkan media sosial yang diperuntukan sebagai media promosi yang akan membantu dalam proses kegiatan pemasaran. Dimensi media sosial dalam sebuah promosi meliputi online communities, interaction, sharing of content, credibility, dan accessibility pada akun media sosial perguruan tinggi swasta STIE Widya Wiwaha Yogyakarta. Diharapkan kajian ini dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat yang melihat khususnya calon mahasiswa terkait informasi yang diberikan oleh pihak instansi perguruan tinggi swasta STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-11-30