Edukasi Penyaringan Berita Hoaks pada Remaja SMP Negeri 12 Yogyakarta

Authors

  • Chatarina Evangelista Sitorus Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Maria Faustina Oviletta Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Cinta Chantika Lestari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Yemima Hasian Atnel Hutabarat Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Emanuel Ristian Handoyo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v3i2.9145

Keywords:

Edukasi, Hoaks, Media sosial

Abstract

Di era digital, anak-anak dan remaja rentan terhadap berita hoaks. Oleh karena itu, diadakan edukasi penyaringan hoaks di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Kegiatan ini meliputi materi pembelajaran, video animasi, dan praktik pengecekan informasi. Edukasi ini membantu siswa mengenali hoaks, menghindari penyebarannya, dan memilih sumber informasi yang tepat. Berdasarkan rata-rata hasil evaluasi pre-test dan post-test, menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa tentang hoaks sebesar 4,56%. Antusiasme siswa menunjukkan minat dan kesadaran akan pentingnya verifikasi informasi. Edukasi ini diharapkan menjadi awal pengembangan literasi digital di sekolah.

Downloads

Published

2024-11-23