Pembuatan Video Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sleman

Authors

  • Hafsah Maharani Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Dien Epril Bangun Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • I Made Hery Sukma Yudha Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Bernardus John Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Elisabeth Marsella Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/giat.v3i2.9165

Keywords:

video animasi , matematika, minat belajar, efektif

Abstract

Abstrak. Matematika merupakan fondasi dari semua ilmu pengetahuan dan memegang peranan penting dalam kemajuan teknologi. Namun, banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam memahami materi matematika dan kurang memiliki minat belajar yang tinggi. Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menciptakan video animasi pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk siswa SMP Negeri 4 Sleman. Melalui serangkaian tahapan mulai dari persiapan, pembuatan video, implementasi, hingga pelaporan, tim berhasil mengembangkan video animasi yang mencakup topik statistika dan lingkaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Video animasi ini memudahkan siswa dalam memahami materi dan memberikan memori jangka panjang, serta membantu guru dalam menyampaikan materi secara lebih menarik dan mudah dipahami.

Downloads

Published

2024-11-21