Implementasi Teknologi Digital untuk Meningkatkan Social Engagement di Serviens Mart
indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24002/giat.v3i2.9241Keywords:
Bisnis Ritel , Sosial, Desain, QRIS, Instagram, Social Engagement, Serviens MartAbstract
Di era digital yang terus berkembang, teknologi menjadi bagian penting dalam bisnis, termasuk ritel. Serviens Mart, toko ritel di Kampus 3 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menyadari pentingnya meningkatkan keterlibatan sosial dengan pelanggan. Namun, tantangan muncul dalam penggunaan teknologi digital, terutama pada metode pembayaran dan strategi promosi. Serviens Mart masih mengandalkan pembayaran tunai dan transfer, sementara pelanggan modern lebih menyukai QRIS. Promosi melalui Instagram juga belum maksimal, sehingga interaksi sosial dengan pelanggan masih rendah. Penelitian ini bertujuan memberikan solusi praktis melalui implementasi teknologi digital untuk meningkatkan keterlibatan sosial Serviens Mart. Proses penyelesaian masalah meliputi observasi, perencanaan, pelaksanaan berupa pelatihan, pendampingan, hingga evaluasi. Evaluasi menunjukkan bahwa penerapan teknologi digital memberikan dampak nyata, seperti peningkatan keterlibatan sosial, kepuasan pelanggan, dan efisiensi operasional toko. Transaksi digital terbukti lebih efektif dibandingkan manual, baik dalam meningkatkan penjualan maupun keterlibatan sosial.