Menumbuhkan Literasi Web: Pelatihan WordPress di SMK Sanjaya Gunungkidul
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v5i1.10149Keywords:
WordPress, website, SMK Sanjaya GunungkidulAbstract
Pelatihan membangun website dengan WordPress untuk siswa adalah program pelatihan yang mengajarkan siswa pengetahuan praktis dan keterampilan untuk membangun dan memelihara situs web di platform WordPress. Pelatihan ini akan mencakup topik-topik seperti memperkenalkan WordPress, menginstalnya, mengelola tema dan plugin, menghasilkan konten, optimasi SEO, dan keamanan situs web. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menyoroti pentingnya penggunaan WordPress untuk membuat website bagi siswa SMK Sanjaya Gunungkidul. SMK Sanjaya Gunungkidul merupakan SMK Katolik yang memberikan kesempatan pendidikan kepada siswanya. Dalam situasi ini, siswa yang belum diajari cara membuat website dengan cepat akan mengikuti program pelatihan. Program ini menggunakan pendekatan presentasi, demonstrasi dan praktek. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan lancar, terbukti dengan partisipasi aktif peserta selama proses acara, serta sesi tanya jawab mengenai materi yang diberikan. Pentingnya peran dosen dalam menunjukkan ilmunya kepada masyarakat menjadi landasan para dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan membantu mahasiswanya untuk mengajarkan keterampilan membuat website kepada siswa SMK Sanjaya Gunungkidul.
References
[1] N. Z. Abiddin, I. Ibrahim, and S. A. A. Aziz, “Advocating Digital Literacy: Community-Based Strategies and Approaches,” Academic Journal of Interdisciplinary Studies, vol. 11, no. 1, pp. 198–211, Jan. 2022, doi: 10.36941/ajis-2022-0018.
[2] S. Xie, “Research on the Training Strategy of School-Based Curriculum Development Ability of Secondary Vocational Teachers,” Research and Advances in Education, vol. 1, no. 6, pp. 38–44, Dec. 2022, doi: 10.56397/rae.2022.12.05.
[3] “SMK Sanjaya Gunung Kidul.” Accessed: Sep. 25, 2024. [Online]. Available: https://smksanjayagunungkidul.sch.id/
[4] “Data Pokok SMK SANJAYA GUNUNGKIDUL - Pauddikdasmen.” Accessed: Sep. 25, 2024. [Online]. Available: https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/AB7FF7A55CBBB7A41B43
[5] S. Devella and N. Rachmat, “PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE SEKOLAH MENGGUNAKAN WORDPRESS UNTUK GURU TIK SMA NEGERI 17 PALEMBANG,” vol. 4, 2021.
[6] J. Yuan Mambu, G. Sandag, E. Lompoliu, G. Mandias, and M. Tombeng, “Pelatihan Penggunaan Content Management System dengan Wordpress untuk Website Umum dan Bisnis pada Siswa SMK Negeri 1 Sorong,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), vol. 2, no. 3, pp. 365–374, 2022, [Online]. Available: https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpkmihttps://journal.amikveteran.ac.id/
[7] M. E. Torbaghan, M. Sasidharan, I. Jefferson, and J. Watkins, “Preparing Students for a Digitized Future,” IEEE Transactions on Education, vol. 66, no. 1, pp. 20–29, Feb. 2023, doi: 10.1109/TE.2022.3174263.
[8] K. Anna Krupcała, “Development of digital competences of business students through e-business learning based on CMS WordPress.”
[9] S. P. Saragih and M. Silalahi, “MENGEMBANGKAN USAHA MELALUI WEBSITE DAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA TERALIS DI KOTA BATAM,” 2022.
[10] E. Bastida-Escamilla, M. C. Elias-Espinosa, F. Franco-Herrera, and M. Covarrubias-Rodríguez, “Bridging Theory and Practice Using Facebook: A Case Study,” Educ Sci (Basel), vol. 12, no. 5, May 2022, doi: 10.3390/educsci12050355.
[11] A. Alibasic, H. Upadhyay, M. C. E. Simsekler, T. Kurfess, W. L. Woon, and M. A. Omar, “Evaluation of the trends in jobs and skill-sets using data analytics: a case study,” J Big Data, vol. 9, no. 1, Dec. 2022, doi: 10.1186/s40537-022-00576-5.
[12] S. Hrastinski, “Teachers as developers of local evidence to improve digital course design,” Interactive Learning Environments, vol. 29, no. 4, pp. 648–654, 2021, doi: 10.1080/10494820.2019.1594959.
[13] C. Chumaceiro Hernandez et al., “The impact of sustainable development and social responsibility on quality educativo.”
[14] Suroso, “THE DEVELOPMENT OF ISLAMIC COMMUNITY PARTICIPATION FOR EDUCATION SERVICES IN THE UNDERDEVELOPED REGIONS,” 2021.
[15] L. Mortari and M. Ubbiali, “Service learning: A philosophy and practice to reframe higher education,” Athens Journal of Education, vol. 8, no. 2, pp. 115–138, May 2021, doi: 10.30958/aje.8-2-1.
[16] R. Ding and Z. You, “Education Partnership Assistance to Promote the Balanced and Sustainable Development of Higher Education: Lessons from China,” Sustainability (Switzerland), vol. 14, no. 14, Jul. 2022, doi: 10.3390/su14148366.
[17] V. Tynnyi, “ENHANCING STUDENTS’ INDIVIDUAL ABILITIES THROUGH DIGITAL TECHNOLOGIES,” Grail of Science, no. 33, pp. 323–330, Nov. 2023, doi: 10.36074/grail-of-science.10.11.2023.51.
[18] Rahma Nurul Adhani, Vivi Rahmawati, and Ichsan Fauzi Rachman, “Meningkatkan Kesadaran Digital: Peran Literasi Digital Dalam Merespon Masalah Moral dan Ketimpangan Sosial Menuju Pencapaian SDGS 2030,” JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KEBUDAYAAN DAN AGAMA, vol. 2, no. 3, pp. 107–114, May 2024, doi: 10.59024/jipa.v2i3.752.
[19] M. and H. L. Heinecke Stephanie and Berg, “Trust Me if You Can: From Media Competence to Digital Competence,” in Media Trust in a Digital World: Communication at Crossroads, S. Osburg Thomas and Heinecke, Ed., Cham: Springer International Publishing, 2019, pp. 219–235. doi: 10.1007/978-3-030-30774-5_16.
[20] B. R. Simbolon, “Education and Society: A Social System,” vol. 4, no. 1, 2022.
[21] P. Noorafedah, M. Tajudin, K. Idris, N. A. Rahim, and M. M. Arshad, “Understanding Participation in Community Education and Development,” 2019. [Online]. Available: www.msocialsciences.com
[22] C. D. Kurnianingtyas and Ratna Mustika Dewi, “Pelatihan Microsoft Excel bagi Guru-guru di SD Negeri 3 Bareng Lor Klaten,” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 3, pp. 255–258, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i3.7051.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rangga Perwiratama, Yohanes Priadi Wibisono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.