Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penciptaan Ruang Belajar Inklusif Berbasis Inovasi dan Kreativitas Teknologi di Era Digital

Authors

  • Norbertus Tri Suswanto Saptadi Universitas Atma Jaya Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i1.10235

Keywords:

Era Digital, Inovasi dan Kreativitas, Kompetensi, Ruang Belajar Inklusif

Abstract

Dinamika pendidikan di era digital telah menciptakan peluang dalam menghadirkan ruang belajar inklusif dalam mendukung keragaman. Ruang belajar inklusif tidak hanya berarti memberikan akses yang setara, tetapi berupaya menciptakan lingkungan yang menyambut dan memberdayakan setiap peserta didik. Masalah yang terjadi adalah kurangnya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi, keterbatasan pelatihan bagi guru (penyuluh), minimnya sarana dan prasarana sekolah (sapra), serta dukungan kebijakan dari pihak sekolah. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat adalah menghasilkan suatu rekomendasi. Metode yang digunakan dengan peningkatan kompetensi berbasis inovasi dan kreativitas teknologi terdiri dari memberikan materi pendidikan dasar inklusif, penyebaran kuesioner, dan rekomendasi program kerja. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa guru telah mampu mengetahui dan memahami dalam penciptaan ruang belajar inklusif secara efektif melalui inovasi dan kreativitas teknologi.

References

[1] U. Nadhiroh and A. Ahmadi, “Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Mendukung Kesetaraan dan Kearifan Budaya,” Ilmu Budaya J. Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, vol. 8, no. 1, pp. 11–22, 2024.

[2] T. Wati, I. Selvia Sari, and O. Andriani, “Jenis Keragaman Peserta Didik dalam Pembelajaran,” Bhs. dan Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 148–154, 2024.

[3] I. Sulistiani and Nursiwi Nugraheni, “Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan,” J. Citra Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 1261–1268, 2023.

[4] Musriza and A. Azhar, “Inovasi Guru Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Berfikir Anak di Era 4.0,” Al-Rabwah J. Ilmu Pendidik., vol. 18, no. 01, pp. 40–48, 2024.

[5] D. Mustika et al., “Pendidikan Inklusi: Mengubah Masa Depan Bagi Semua Anak,” Student Sci. Creat. J., vol. 1, no. 4, pp. 41–50, 2023.

[6] Y. Indarta, N. Jalinus, W. Waskito, A. D. Samala, A. R. Riyanda, and N. H. Adi, “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 3011–3024, 2022.

[7] A. R. dkk Farah Arriani, Agustiyawati, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif, vol. 2, no. 1. Jakarta, 2022.

[8] A. A. Sebrina and D. Sukirman, “Implementasi Kurikulum pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 98–116, 2019.

[9] H. Mellymayanti, S. Nurfadhillah, and Yeni Nuraeni, “Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar,” Kolekt. J. Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, vol. 1, no. September, pp. 38–47, 2024.

[10] R. G. Siringoringo and M. Y. Alfaridzi, “Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital,” J. Yudistira Publ. Ris. Ilmu Pendidik. dan Bhs., vol. 2, no. 3, p. 66, 2024.

[11] T. Budiono, “Pelatihan Manajemen Konten Digital di SMK Negeri 1 Karimunjawa,” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 4, pp. 369–373, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i4.7489.

[12] S. Wati and N. Nurhasannah, “Penguatan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Era Digital,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 10, no. 2, pp. 149–155, 2024.

[13] C. D. Kurnianingtyas and Ratna Mustika Dewi, “Pelatihan Microsoft Excel bagi Guru-guru di SD Negeri 3 Bareng Lor Klaten,” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 3, pp. 255–258, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i3.7051.

[14] R. Azzahraa, S. Sangrilab, R. Wiverdic, and Gusmanelid, “Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa,” J. Teknol. Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 01, no. 04, pp. 670–674, 2024.

[15] F. E. W. Wiranata, Indah Sepwina Putri, and M. M. Christina, “Pelatihan Metode Ajar Efektif dan Pembuatan Modul Ajar pada Tenaga Volunter di Rumah Anak Pintar Indonesia (RAPI),” J. Atma Inovasia, vol. 3, no. 2, pp. 191–195, 2023, doi: 10.24002/jai.v3i2.6971.

[16] F. Wagola, A. Abas, and A. Soumokil, “Upaya Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Mata Pelajaran PKn pada Siswa Kelas X di SMAN 12 Seram Barat,” J. Kewarganegaraan, vol. 6, no. 2, pp. 3388–3395, 2022.

[17] D. Sembiring and M. Kona, Inovasi Teknologi Pembelajaran. Solok: PT Mafy Media Literasi, 2024.

[18] A. Paramansyah and Muhammad Ridhaulipasya Parojai, Pendidikan Inklusif di Era Digital. Bandung, 2014.

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Articles