Pembekalan Materi Kerajinan 3D Papercraft Bagi Guru SDN 176 Cilandak Sukajadi, Bandung

Authors

  • Lisa Levina Krisanti Jonatan Maranatha Christian University
  • Muhammad Irfan Nurrachman Maranatha Christian University
  • Arnold Maximillian Maranatha Christian University

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i3.10249

Keywords:

3D papercraft, teknologi, pelatihan, aktivitas belajar, kreasi analog

Abstract

Kemajuan teknologi telah merambah ke dalam kehidupan anak-anak sekolah dasar melalui gawai yang memudahkan mereka untuk dapat mengakses pengetahuan, informasi, hiburan, bermain, dan rekreasi. Namun kemudahan tersebut sebaliknya menjadi sebuah ketergantungan penggunaan gawai pada anak-anak. Berbagai cara dilakukan untuk membatasi penggunaan gawai agar anak-anak memiliki keseimbangan antara kehidupan digital dan dunia nyata. Dalam menyikapi hal tersebut, maka para guru SDN 176 Cilandak, Bandung, mengundang program studi Desain Interior untuk dapat memberikan pelatihan kepada para guru agar mereka memiliki bekal kemampuan berkreasi analog. Kegiatan berkreasi ini berguna untuk mengalihkan kebiasaan anak-anak SD dalam bermain gawai sekaligus mengasah keterampilan motorik melalui keindahan presisi dan kreativitas. Metode pelatihan yang dilakukan adalah memberi presentasi pengenalan 3D papercraft sebagai seni kerajinan gunting, lipat, dan tempel yang dilakukan pada media kertas dan workshop. Dari pendekatan ini diharapkan para guru SDN 176 Cilandak, Bandung, memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengolah kertas sebagai media edukasi dan pengembangan kreativitas dalam aktivitas pembelajaran para siswa SD.

References

I. Pratiwi, H. Hendrik, G. Atmadiredja and B. Utama, Konsentrasi Belajar Siswa dan Penggunaan Gawai, Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, BPPK, Kemendikbud , 2019.

D. Ruswanti, C. B. Santoso, I. P. Kinanti, J. Dewangga and R. A. Triatma, "Sosialisasi Bahaya Gawai Pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Gagak Sipat Dengan Video Animasi," in E-proceeding 2nd SENRIABDI 2022, Surakarta, 2022.

S. Sauri, A. Sulastri, A. R. Hakim and M. Sururuddin, "Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Educatio, vol. 8, no. 3, pp. 1167-1173, 2022.

H. Salam, "Kecanduan Terhadap Gawai Mengganggu Emosi dan Mental Anak," 15 January 2023. [Online]. Available: https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/01/15/kecanduan- terhadap-gawai-mengganggu-emosi-dan-mental-anak. [Accessed 8

February 2024].

R. A. F. Isni and D. Anugrah, "Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wantilan, Kabupaten Subang," in Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021.

M. I. Abidin and M. Arif, "Berkreasi Membuat Kerajianan Tangan Dari Clay Bersama Anak Kampung Bendul Merisi Di Masa Pandemi," Jurnal Seni Rupa, vol. 10, no. 2, pp. 29-39, 2022.

Q. A'yunin and Padilah, "Pengaruh Permainan Papercraft Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia Dini," PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, vol. 6, no. 2, pp. 45-54, 2023.

H. Budiwaluyo and A. Muhid, "Manfaat Bermain Papercraft Dalam Mengingkatkan Kreativitas Berpikir Pada Anak Usia Dini," PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 76-93, 2021.

N. Aflizah, R. Hidayat and Afriza, "Urgensi Kunci Sukses Pelatihan: Konsep Dasar dan Desain yang Efektif Menurut Raymond A.Noe," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 8, no. 2, p. 27532–27537, 2024.

R. N. Prayoga, Hadiq, M. Taufiq, N. A. Indartono and A. Y. Budi , "Membangun Media Interaktif Tutorial Kerjinan Tangan Kertas (Origami) Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia Dengan Metode Immersion With Children," Jikom: Jurnal Informatika Dan Komputer, vol. 10, no. 2, pp. 76-86, 2022.

A. L. O. Larasati, D. Sumarno, I. G. A. V. S. Wibawa, K. R. Anggraeni, A. K. Yogatama, C. A. Santoso, K. G. Virians, H. M. Yuristhasari, T. T. A. Manik, Alvin and P. Nastiti, "Pengembangan Buku Ajar Matematika sebagai Upaya Mengasah Kemampuan Berpikir Anak di Desa Kembang, Kulon Progo," Jurnal Atma Inovasia (JAI), vol. 2, no. 4, pp. 435-439, 2022.

M. I. Wahyudin and T. C. Kusumandyoko, "Perancangan Papercraft Sebagai Media Pembelajaran Membaca Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 1," BARIK: Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 1, no. 1, pp. 55-62, 2020.

. Z. S. G. Tappeh and Q. Peng, "Simplification and Unfolding of 3D Mesh Models: Review and Evaluation," in 31st CIRP Design Conference 2021, Winnipeg, 2021.

Padilah and R. Novianti, Permainan Papercraft Untuk Anak Usia Dini, Palembang: Noer Fikri Offset, 2019.

M. A. Yaqin, A. R. Sumartha, A. A. Syifa and A. N. Falahul, "Pengenalan Permainan Tradisional Sebagai Upaya Mengurangi Kencanduan Gawai Pada Anak-Anak," Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 561-567, 2023.

P. Sisdianto, "Pemetaan Potensi Manekung Ajar Pikukuh Sunda Bagi Ideasi Proses Kreasi Melalui Pendekatan Etnografi Terhadap Bumi

Dega Subda Academy Bandung," Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2020.

H. A. Yuliantino, J. Hapsari, M. Raihan, S. A. Putri and A. Sufyan, "Penggunaan Papercraft Pada Aplikasi Metode Steam Untuk Menstimulasi Kreativitas Siswa Sekolah Dasar," in Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Desain & Aplikasi Bisnis Teknologi (SENADA), Bali, 2024.

A. Widodo and D. Sutisna, "Fenomena Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar Selama Studi from Home," Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 36-45, 2021.

N. N. N. Angginingsih, N. M. Asril and D. G. F. Wirabrata, "Upaya Meningkatkan Kemampuan Menggunting Pada Anak Usia Dini Melalui Media Papercraft," Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 2, pp. 277-284, 2021.

I. V. Gunawan and E. A. Halim, "Meningkatkan Kreativitas Dengan Pelatihan Bahan Keras Dengan Teknik Anyaman Bagi Siswa SMPK Trimulia HITS," Jurnal Atma Inovasia, vol. 2, no. 6, pp. 637-643, 2022.

N. T. S. Saptadi, "Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penciptaan Ruang Belajar Inklusif Berbasis Inovasi dan Kreativitas Teknologi di Era Digital," Jurnal Atma Inovasia (JAI), vol. 5, no. 1, pp. 59-65, 2025.

M. M. Domitila, F. Wulandari and D. A. Marhayani , "Analisis Penggunaan Gawai terhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah DasarNegeri Kota Singkawang," Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 6, no. 2,

pp. 131-141, 2021.

R. F. Naryanto, M. K. Delimayanti, Abdurrahman, M. . F. A. Arifin,

I. Sukoco, F. F. Fahmi, A. D. Naryapramono, I. M. Kristiana and S. Suratmi, "Media Pembelajaran Kendaraan Bermotor Berbasis Permainan Virtual Reality di SD Negeri Barusari 02 Semarang Selatan," Atma Inovasia Journal (JAI), vol. 4, no. 4, pp. 171-176,

2024.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles