Pengaruh Pre-Test dan Post-Test Pada Inklusivitas Ekstrakurikuler Python Bagi Siswa/i Peserta

Authors

  • Fredicia Fredicia Universitas Kristen Krida Wacana
  • Sanders Keane Dylan Daniyola
  • Jennifer Budi Muljono
  • Steven Felizio
  • Alexandra Gabriela

DOI:

https://doi.org/10.24002/jai.v5i2.10250

Keywords:

tes awal, tes akhir, mengajar ekstrakurikuler, python, pendidikan inklusif

Abstract

Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa, termasuk yang berkebutuhan khusus, untuk mengembangkan keterampilan mereka. Kegiatan ekstrakurikuler berbasis pemrograman menawarkan platform untuk mengasah keterampilan teknis, terutama dalam bahasa pemrograman Python. Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan Tes Awal (Pre-Test) dan Tes Akhir (Post-Test) terhadap inklusivitas dan efektivitas kegiatan ekstrakurikuler Python di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, pengabdian dilakukan dengan melaksanakan observasi kelas, wawancara, serta analisis hasil pre-test dan post-test dari dua sekolah di Jakarta. Hasilnya menunjukkan bahwa tes awal membantu mengidentifikasi pemahaman awal siswa, sementara tes akhir efektif mengukur peningkatan pemahaman mereka. Selain itu, ditemukan pula bahwa program ekstrakurikuler ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan hard skills siswa dari berbagai latar belakang, mendukung terciptanya lingkungan belajar yang inklusif. Diharapkan temuan ini dapat memberikan panduan bagi guru dalam menerapkan metode pengajaran yang lebih adaptif dan inklusif di era digital.

References

[1] Hafiz A. Sejarah dan Perkembangan Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jurnal As-Salam. 2017;1(3).

[2] Yusuf M. Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Pedagogia. 2018;(ISSN 2089-3833).

[3] Edwin Wiranata F, Sepwina Putri I, Meilinda Christina M. Pendampingan Asesmen Minat dan Bakat Siswa SMA Imanuel Kalasan dalam Menghadapi Disrupsi Teknologi. Jurnal Atma Inovasia (JAI) [Internet]. 2024;4(1). Available from: https://www.karaktera.co.id/

[4]. Santoso H, Rochadiani TH, MayaTopani H. Pengembangan Berpikir Komputasional Melalui Pemrograman Dasar Dengan Mit App Inventor. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2020;1(1).

[5] Chang R, Little TD. Innovations for Evaluation Research: Multiform Protocols, Visual Analog Scaling, and the Retrospective Pretest–Posttest Design. Eval Health Prof. 2018;41(2).

[6] Zulfa T, Tursinawati T, Darnius S. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 2023 Aug 14;7(4):2111–20.

[7] Marithasari H, G Barus I, Resmayasari I, Suriaatmaja Suwanda B. PRETEST AND POSTTEST TECHNIQUE TO CONTROL STUDENTS MASTERY IN ONLINE LEARNING OF ENGLISH FOR COMMUNICATION COURSES AT VOCATIONAL STUDIES OF IPB UNIVERSITY. The Journal Of English Teaching For Young And Adult Learners. 2023 Jan 31;2(1):12–5.

[8] Fauzi A, Ermiana I, Nur Kholifatur Rosyidah A, Sobri M. The Effectiveness of Case Method Learning in View of Students’ Critical Thinking Ability. Pedagogia : Jurnal Pendidikan. 2023 Feb 10;12(1):15–33.

[9] Firmansyah A, Yasin Efendi M. Meningkatkan Program Ekstrakurikuler Coding Menggunakan Aplikasi Java untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Sekolah SMP Dharma Karya UT.

[10] Ulfah Y, Suryantoro A. Evaluasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Nilai Pretest dan Posttest IPA Kelas IX.A SMP Negeri Purworejo Lampung Tengah. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. 2021 Jul 3;2(1):28–35.

[11] Levina I. MANAJEMEN PENGELOLAAN PELATIHAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA BALAI LATIHAN KERJA DI DINAS TRANSMIGRASI DAN TENAGA KERJA KABUPATEN ACEH BARAT. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi. 2022;8(1).

[12] Amri W, Vionanda D. Analisis Variansi dan Analisis Kovariansi pada Rancangan Penelitian Pretest-Posttest Design Serta Penerapannya. Journal of Mathematics UNP. 2013;1(1).

[13] Usmadi U. PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS (UJI HOMOGENITAS DAN UJI NORMALITAS). Inovasi Pendidikan. 2020;7(1).

[14] Cempaka Wijaya Murti D, Satya Putra T, Ahmad Fauzi G, Atma Jaya Yogyakarta U, Babarsari Yogyakarta J, Tinggi Pariwisata AMPTA S, et al. Penguatan Pariwisata Inklusif: Dampak Pelatihan Public Speaking untuk Tour Guiding bagi Komunitas Difabel di Difabike. Jurnal Atma Inovasia (JAI). 2024;4(6).

[15] Felianti ES, Sae HL, Indarini E. Penggunaan Media Pembelajaran Visual Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Meta-analisis. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan. 2022;1(3).

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles