Pendampingan Usaha Mikro di Kabupaten Bandung memalui Mata Kuliah Pelayanan Kepada Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.24002/jai.v5i2.10282Keywords:
keuangan, operasi, pemasaran, pendampingan, usaha mikroAbstract
Usaha mikro di Indonesia terus mengalami peningkatan, namun peningkatan ini harus diiringi dengan pendampingan yang tepat agar dapat bersaing dan bertahan di tengah gempuran digitalisasi, globalisasi, dan disrupsi teknologi. Mata kuliah Pelayanan Kepada Masyarakat (PKM) diharapkan dapat memberikan dampak nyata kepada usaha mikro melalui program pendampingan kepada sembilan usaha mikro yang ada di Kabupaten Bandung pada aspek pemasaran, operasi, dan keuangan. Metode pendampingan yang dilakukan menggunakan metode participatory action research, dimana mahasiswa dan dosen pendamping langsung turun dan ikut serta secara aktif dengan usaha mikro yang didampingi. Setiap usaha mikro yang didampingi dibuatkan program yang disesuaikan dengan kebutuhan dari usaha mikro yang didampingi tersebut dengan didasarkan dari hasil baseline assessment. Baseline assessment dilakukan pada minggu pertama pendampingan, untuk melihat aspek mana yang perlu dilakukan perbaikan sehingga pendampingan dapat dilakukan dengan efektif. Program pendampingan ini dilakukan selama satu semester oleh mahasiswa/i yang mengambil mata kuliah PKM dan didampingi oleh dosen dalam pelaksanaannya. Hasil yang didapatkan dari program pendampingan ini adalah peningkatan peningkatan pengetahuan terkait aspek pemasaran, operasi, dan keuangan, selain itu adanya peningkatan penjualan melalui media sosial Instagram.
References
[1] Badan Pusat Statistik, “Jumlah Perusahaan Industri Skala Mikro dan Kecil Menurut Provinsi (Unit),” Sep. 2024. Accessed: Dec. 09, 2024. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NDQwIzI=/jumlah-perusahaan-industri-skala-mikro-dan-kecil-menurut-provinsi.html
[2] Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DISKOPUKM), “Jumlah Usaha Mikro di Kabupaten Bandung,” Nov. 2024. Accessed: Dec. 09, 2024. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NDQwIzI=/jumlah-perusahaan-industri-skala-mikro-dan-kecil-menurut-provinsi.html
[3] T. Debby, T. Iskandarsyah, I. Tjandraningsih, R. A. Assaf, and I. B. A. Wicaksono, “Pendampingan UMKM di Kota Bandung pada Aspek Pemasaran, Operasional, dan Keuangan,” Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 112–123, 2024.
[4] C. Tanan and D. Dhamayanti, “Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura,” Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, vol. 1, no. 2, Jun. 2020, doi: 10.37680/amalee.v1i2.408.
[5] T. K. Fattah, R. Amelia, F. Feriyadi, M. S. Pebriadi, and F. Fitria, “Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Umkm Kerupuk Kuin Utara Untuk Meningkatkan Keberlanjutan Usaha Masyarakat,” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 9, no. 3, pp. 558–571, Sep. 2024, doi: 10.36312/linov.v9i3.2093.
[6] M. G. F. Harjanti and S. A. P. P. Gunaasih, “Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan dan Penentuan Biaya Serta Promosi UPPKS Asri Sudagaran Chrisma,” Jurnal Atma Inovasia, vol. 3, no. 2, pp. 153–158, 2023, doi: https://doi.org/10.24002/jai.v3i2.6994.
[7] A. Budisusila, V. S. Handoko, A. T. Priantoro, and M. E. B. Ladjar, “Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Sidoluhur untuk Inisiasi Budidaya Anggur Substitusi Impor (ASI),” Jurnal Atma Inovasia, vol. 4, no. 6, pp. 298–308, 2024, doi: https://doi.org/10.24002/jai.v4i6.10179.
[8] C. A. Ramadhanty, D. R. Nadya, Z. Mustaqimah, and R. Yoshinta, “Strategi Digital Marketing Bagi Ukm Terdampak Covid-19 Di Kelurahan Sidorejo Temanggung,” ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 31–42, 2021.
[9] T. A. Slamet Mudjijah, “Pendampingan Kewirausahaan Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, pp. 120–121, 2021, doi: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9596.
[10] N. Lestaringsih, M. A’liyah, A. A. Fauzia, A. R. Syaifuddin, M. Khairil Prayogi, and D. M. Anggraeni, “Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan UMKM Di UPT Tanggul Harapan,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, vol. 4, no. 4, pp. 3372–3379, Nov. 2023, doi: https://doi.org/0.55338/jpkmn.v4i4.1709.
[11] S. A. Pramono, “Inovasi potensi pangan kacang kedelai: dari olahan produk hingga pemasaran online,” Jurnal atma inovasia, vol. 1, no. 3, pp. 402–408, 2021, doi: https://doi.org/10.24002/jai.v1i3.3983.
[12] M. Arini, H. I. Primastuti, R. Triatmaja, E. Y. T. Wijayasari, D. N. Rachmawati, and V. Ramadhanu, “Pendampingan Promosi Media Sosial dan Kesehatan Kerja pada UMKM Kerajinan Rotan,” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 3, 2022, doi: https://doi.org/10.31960/caradde.v4i3.1295.
[13] B. Ulum, M. Hasib, A. A. Djatmiko, D. A. Rahayu, and P. Suseno, “Pendampingan UMKM dalam Mengembangkan Strategi Pemasaran Produk pada Media Sosial dan Platform E-Commerce,” JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, vol. 1, no. 4, pp. 623–634, 2023, doi: https://doi.org/https://doi.org/10.57248/jilpi.v1i4.205.
[14] N. N. Sari, B. Suprapto, A. Adyantari, and V. Y. Dharomesz, “Strategi Pemasaran Digital, Branding dan Survei Pasar Produk Olahan Mawar Sapuangin,” Jurnal Atma Inovasia, vol. 3, no. 5, pp. 423–432, 2023, doi: https://doi.org/10.24002/jai.v3i5.7750.
[15] H. Harsono, “Strategi Pemasaran Keripik Ikan Layur sebagai Pendukung Perekonomian Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul,” Jurnal Atma Inovasia, vol. 1, no. 1, pp. 66–73, 2021, doi: https://doi.org/10.24002/jai.v1i1.3930.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Teresia Debby, Chris Petra Agung, Triyana Iskandarsyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








